Sepanjang 2022, Kota Semarang Tercatat Jadi Langganan Kasus Kekerasan Tertinggi di Jateng, Ternyata Karena Ini..

ABOUTSEMARANG – Data Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi manusia (LRC-KJHAM) mencatat 58 kasus kekerasan atau 46,8 persen terjadi di Kota Semarang dari 124 kasus kekerasan yang ditangani di Jawa Tengah sepanjang 2022.

Jumlah tersebut menjadikan Kota Semarang menjadi langganan kasus kekerasan tertinggi di Jawa Tengah.

Pendamping hukum LRC-KJHAM Nihayatul Mukaromah menjelaskan tingginya kasus kekerasan di Kota Semarang dikarenakan Semarang memiliki pusat pelayanan terpadu (PPT) yang tersebar di 16 kecamatan yang mampu mengedukasi dan mengakomodasi kebutuhan korban kekerasan.

Selain itu, dukungan Pemkot Semarang dalam mensosialisasikan JPPA cukup tinggi sehingga layanan mudah diakses.

“Sosoalisasi Pemkot Semarang cukup tinggi, lalu lembaga yang dibentuk Kota Semarang seperti jaringan Peduli Perempuan dan Anak (JPPA) di setiap kelurahan, jadi informasi dan layanan mudah diakses,” terang Niha, Senin (12/12).

Dengan banyaknya layanan dan masifnya sosialisasi, upaya Pemkot Semarang cukup menyadarkan masyarakat soal keadilan gender dan penanganan kasus kekerasan. Korban pun tidak bingung bila ingin mengadu.

Di samping itu, faktor lainnya yakni banyaknya Lembaga bantuan hukum yang menaruh perhatian di isu perempuan dan anak berada di Kota Semarang. Tek terkecuali LRC KJHAM dan LBH Semarang.

Lebih lanjut, pihaknya meniali keberadaan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) yang disahkan tahun ini masih belum bisa diimplementasikan sebagaimana mestinya.

“Seperti pada kasus eksploitasi seksual yang korbannya perempuan dewasa, kasus kekerasan seksual dengan modus dipacari oleh pelaku karena dianggap bukan kekerasan tetapi ‘suka sama suka’,”bebernya.

BACA JUGA :   Waspada! Curas Bersenjata Terjadi Lagi di Semarang Tengah

Untuk itu pihaknya menuntut kehadiran negara untuk melindungi korban dan menjadikan UU TPKS payung hukum seperti yang diharapkan. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan