Sepekan Diguyur Hujan, Semarang Mulai Terapkan Siaga Satu

ABOUTSEMARANG – Siaga satu diterapkan di Kota Semarang untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.

Adapun hal tersebut Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang) lakukan lantaran dalam sepekan terakhir Kota Semarang mulai diguyur hujan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan menyiagakan petugas untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang mungkin terjadi.

“Menerapkan Siaga Satu kepada semua petugas untuk langkah-langkah preventif,” terangnya, Jumat, 7 Oktober 2022.

Sementara itu, untuk langkah-langkah preventif yang diambil, kata dia, antara lain menyiapkan peralatan untuk pengurukan. Titik-titik rawan banjir di Kota Semarang juga ditinggikan seperti Jalan Gajah Raya dan Jalan Medoho, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Kemudian menyiagakan peralatan dan sumber daya manusia jika sewaktu-waktu terjadi bencana akibat cuaca ekstrem seperti banjir. “Menyiapkan logistik untuk kemungkinan dapur umum dan meminta relawan-relawan untuk siaga terhadap kemungkinan bencana,” tutur Hendrar.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di titik-titik rawan agar selalu waspada. “Mengedukasi warga di zona rawan bencana,” ujar politikus PDIP tersebut.

Menurut dia, daerah rawan kala hujan intensitas tinggi di Kota Semarang terbagi dalam dua klaster. Pertama, rawan banjir di Muktiharjo Lor, Telogosari, dan Mangkang. Kemudian potensi longsor di Gunungpati, Lempongsari, Tegalsari, dan Candisari.***

Sharing:

BACA JUGA :   Rumah Tertimbun Longsor Talud, Pemilik Dievakuasi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan