Serius Perangi Narkoba, Polda Jateng Musnahkan 5 Kg Sabu dan 7 Kg Ganja

ABOUTSEMARANG – Sebanyak 5 kilogram sabu dan 7 kilogram ganja dimusnahkan oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jateng.

Proses pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan di halaman Kantor Dit Resnarkoba Polda jateng, pada Kamis, 21 September 2023.

Dirresnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir, mengungkapkan bahwa pemusnahan tersebut merupakan barang bukti yang di sita berdasarkan 3 laporan polisi (LP).

Sementara, untuk kasus dengan barang bukti sabu ada 2 laporan polisi yang pertama seberat 1.012,2 gram diungkap pada 27 Juli 2023 dengan TKP di Kabupaten Demak.

Kemudian kedua seberat 3.988,3 gram diungkap di Tanjung Emas Semarang pada 31 Juli 2023.

Untuk kasus ganja merupakan 1 laporan polisi dengan barang bukti seberat 7 kg diungkap di wilayah Sukoharjo pada 14 Agustus 2023.

“Kegiatan pemusnahan ini terkait Barang Bukti hasil penindakan yang telah dilakukan sebelumnya, untuk barang bukti Sabu kita telah melakukan koordinasi dengan Labfor maupun Bareskrim ada kemiripan dengan jaringan Fredi Pratama namun tentunya kita akan masih dalami lagi,” ujar Kombes Pol M Anwar Nasir dalam keterangannya, Kamis, 21 September 2023.

Kegiatan pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara dibakar menggunakan mobil khusus Incinerator milik BNNP Jateng.

Sebelum dimusnahkan dilakukan terlebih dahulu uji sampel oleh Labfor Polda Jateng.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa barang bukti yang akan dimusnahkan benar dan sama dengan hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkoba.

Setelah dilakukan pengujian hasilnya positif memiliki kandungan zat berbahaya narkotika.

“3 (Tiga) Sampel ini benar dan pernah kita periksa dan mengandung zat Narkoba,” ujar Kasubdit Labfor Narkoba Polda Jateng AKBP Bowo Nurcahyo.

BACA JUGA :   Tanam Pohon Ganja di Rumah, 2 Pengedar Asal Semarang Diduga Punya Ladang Ganja

Sementara itu, Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jateng Kompol Eko Kurniawan menyatakan kegiatan pemusnahan barang bukti hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkoba ini merupakan wujud jajaran Polda Jateng serius dalam perang melawan Narkoba.

“Polda Jateng dalam hal ini khususnya Ditresnarkoba beserta jajaran bersungguh sungguh dalam melakukan pemberantasan narkotika demi menyelamatkan bangsa,” ungkap Eko

“Namun demikian tentu harus ada kerjasama dengan masyarakat untuk ikut berpartisipasi di dalam memberantas peredaran narkoba karena sasaran dari peredaran Narkotika sekarang sudah tidak pandang bulu dan menjangkau berbagai kalangan oleh karena itu, saya mengajak seluruh komponent masyarakat untuk bersama sama berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan Narkoba,” pungkasnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan