Siap-siap! Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka Mulai 1 Desember

ABOUTSEMARANG – Jalur pendakian Gunung Merbabu kini akan kembali dibuka mulai per 1 Desember 2023.

Seperti diketahui, jalur pendakian Gunung Merbabu sempat ditutup lantaran terjadi kebakaran hutan dan lahan pada akhir Oktober 2023 lalu.

Sementara itu, belum semua pembukaan dilakukan, baru di dua jalur pendakian yang selama ini menjadi favorit pendaki yakni jalur Selo di Boyolali, dan Suwanting di Magelang.

“Iya, sementara ini baru dua jalur pendakian Gunung Merbabu yang akan dibuka mulai 1 Desember 2023, yaitu Selo dan Suwanting,” kata Plt Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Nurpana Sulaksono, Sabtu (25/11/2023).

Terkait pembukaan jalur itu sendiri juga telah diumumkan melalui akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, @btn_gn_merbabu.

Dalam surat resmi tentang pembukaan jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu tertanggal 24 November 2023 disebutkan, pembukaan jalur pendakian Gunung Merbabu ini berdasarkan hasil evaluasi pasca kebakaran hutan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu bersama dengan mitra pengelola jalur pendakian.

Berdasarkan hasil evaluasi itu, diputuskan jalur pendakian Selo dan Suwanting yang akan dibuka kembali mulai tanggal 1 Desember 2023.

Untuk pendakian melalui jalur Selo, Boyolali dibuka dengan penerapan kuota 100 persen, yaitu 578 orang per hari.

Sedangkan jalur Suwanting, dibuka dengan penerapan kuota 50 persen atau sebanyak 164 orang per hari.

“Jalur pendakian Wekas dan Thekelan saat ini masih ditutup sementara sampai dengan pulihnya kondisi jalur pendakian pasca kebakaran,” jelas Nurpana.

Dia juga menyampaikan bahwa pengunjung yang akan melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, harus melakukan booking online melalui situs www.tngunungmerbabu.org.

BACA JUGA :   Sempat Diguyur Hujan, Kebakaran Gunung Merbabu Akhirnya Padam

Para pendaki juga diminta agar mematuhi papan informasi dan larangan yang ada di sepanjang jalur pendakian.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan