Siap-siap Lur! Gerhana Matahari Hibrida Bisa Dilihat di Wilayah Jateng Pada Jam Ini

ABOUTSEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Keduputian Bidang Geofisika merilis fenomena langka gerhana matahari hibrida atau hibrid dapat diamati di sebagian wilayah Indonesia salah satunya Jawa Tengah.

Adapun fenomena gerhana matahari sebagian ini akan terjadi pada Kamis, 20 April 2023 mendatang.

Selain gerhana matahari hibrid, fenomena gerhana matahari total juga terjadi. Hanya saja, fenomena langka ini hanya bisa diamati di dua lokasi saja yakni di Biak dan Pula Kisar.

Sedangkan untuk gerhana matahari hibrid bisa dilihat di sebagian wilayah, termasuk di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Melansir dari laman Instagram resmi BMK @infobmkg, gerhana matahari hibrid sendiri adalah peristiwa gerhana matahari total dan cincin yang terjadi secara berurutan dalam satu fenomena gerhana.

“Peristiwa gerhana matahari hibrid relatif terjadi cukup langka,” tulis akun tersebut dilihat About Semarang, Senin, 10 April 2023.

Berdasarkan keterangan BMKG dalam postingan itu menyebutkan jika posisi pengamatan juga akan berpengaruh terhadap magnitudo gerhana yang teramati.

Dengan begitu, pengamatan kedua gerhana ini tidak dapat dilakukan bersamaan di lokasi yang sama.

Untuk di wilayah Jateng sesuai dengan informasi dari BMKG puncak gerhana matahari sebagian ini akan terjadi pada pukul 10.46 WIB.***

Sharing:

BACA JUGA :   Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya Hari Ini Selasa, 27 Februari 2024

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan