Siapkan Generasi Muda yang Sehat, Mahasiswa Undip Edukasi Penerapan Pola Hidup Bersih di Lingkungan Sekolah

ABOUTSEMARANG – Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro (Undip) sukses menyelenggarakan edukasi Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa SD Negeri 01 Cibelok, Kabupaten Pemalang.

Pelaksanaan kegiatan itu telah berhasil digelar pada Jumat, 28 Juli 2023 lalu dengan menargetkan siswa SD tingkatan rendah yaitu kelas 1 hingga 4.

Sementara itu, pengadaan kegiatan yang menjadi salah satu program KKN itu ditujukan untuk memutus rantai penyebaran penyakit dengan pencegahan dini melalui PHBS.

Kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang sehat melalui program edukasi PHBS.

Penerapan PHBS sangat penting untuk diajarkan sejak dini. Dengan membiasakan anak membangun kedisiplinan menjalankan hidup bersih dan sehat, mereka sadar untuk prioritas kualitas kesehatan seiring dengan pertumbuhannya

Agar pengajaran PHBS dapat diserap oleh siswa SD, mahasiswa Undip menyajikan metode pembelajaran interaktif dengan serangkaian penerapan PHBS.

Penerapan metode tersebut memungkinkan para siswa untuk dapat membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Melalui metode itu, siswa kelas 1-4 itu diajarkan untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya, mulai dari sampah organik, anorganik, dan sampah umum.

Mereka secara langsung mempraktikkannya dengan mengumpulkan sampah di sekitar halaman sekolah dan membuang ke tempat sampah sesuai dengan jenisnya.

Tidak hanya pemilahan sampah, rangkaian edukasi PHBS meliputi pengenalan Indeks Massa Tubuh (IMT), pemberantasan jentik nyamuk, hingga langkah mencuci tangan yang baik dan benar.

Menariknya, siswa-siswi SD Negeri 01 Cibelok diajak untuk bermain cap tangan terlebih dahulu, sebelum mencuci tangan mereka sambil menyanyikan lagu enam langkah mencuci tangan.

BACA JUGA :   Eks Wali Kota Semarang Bakal Dipanggil Kepolisian Soal Kasus Dugaan Hibah Lahan BSB Mijen

Kepala Sekolah SD Negeri 01 Cibelok, Panca Sulastri, menyambut antusias niat mahasiswa Undip untuk mengedukasi PHBS kepada anak muridnya.

Ia mengatakan rangkaian edukasi PHBS memang harus dipraktikkan secara langsung kepada anak-anak, tidak cukup hanya dengan sekelebat informasi yang dituliskan di papan mading sekolah.

“Sekolah sangat terbantu dengan kegiatan ini karena anak-anak jadi benar-benar paham dari praktiknya langsung, gak cuma dengerin guru nerangin,” kata Panca Sulastri dalam keterangannya, Jumat, 28 Juli 2023.

Ia menambahkan, metode pembelajaran interaktif yang dipakai telah mengupayakan bagaimana anak-anak dapat menikmati dan senang menjalankan proses belajar.

“Mereka antusias, senang belajar hal baru karena cara belajarnya asik jadi mereka bisa enjoy,” lanjutnya.

Dengan edukasi PHBS yang telah dilakukan, siswa-siswi SD Negeri 01 Cibelok dapat melakukan pencegahan dini berbagai penyakit dengan menerapkan cara hidup yang bersih dan sehat secara sederhana dimulai dengan mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan