Siaran Televisi Analog di Kota Semarang Akan Dimatikan Mulai Pukul 24.00 WIB

ABOUTSEMARANG – Pelaksanaan migrasi siaran televisi analog ke digital secara serentak akan dimulai pada Rabu (2/11) pukul 24.00 WIB.

Pelaksanaan migrasi ini dilakukan pemerintah pusat diseluruh wilayah di Indonesia termasuk di Kota Semarang.

Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang, Soenarto mengatakan pembagian set top box (STB) yang merupakan alat penangkap siaran digital sudah dilakukan oleh Kementerian Kominfo beberapa waktu lalu.

Kota Semarang mendapat jatah 16.191 unit yang dibagikan kepada warga kurang mampu yang masih menggunakan TV analog.

“Semua telah dipersiapkan untuk migrasi siaran televisi digital, dari sosialisasi hingga pembagian STB. Terkait switch off atau penghapusan siaran analog akan dimulai hari ini pukul 24.00 WIB,” kata Soenarto, Rabu (2/11).

Pembagian STB, lanjutnya, dilakukan dengan melakukan verifikasi terlebih dahulu ditingkat RT dan RW untuk mencatat warga yang berhak mendapatkan unit STB.

“Dalam pembagian STB Pemkot Semarang hanya melakukan pendampingan, karena ditangani Pemerintah Pusat langsung,” tuturnya.

Pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi semenjak aturan migrasi ke tv digital digaungkan oleh pemerintah pusat.

Soenarto menyebut bahwa kemungkinan akan ada bantuan STB lagi dari pemerintah pusat.

Pasalnya saat dilakukan pendataan ulang, tercatat ada sekitar 38 ribu warga kurang mampu yang belum mendapat bantuan STB.

“Mungkin akan ada bantuan STB lagi dari pemerintah pusat, sebab masih banyak warga kurang mampu yang kami data itu belum mendapatkan,” ungkap Soenarto.

Lebih lanjut, ia menyebut saluran TV digital ini akan dikoneksikan dengan early warning system (EWS).

BACA JUGA :   Simak! Ini 4 Cara Atasi TV Digital Tidak Ada Sinyal Pasca Peralihan

“Pengembangan itu dilakukan oleh Kemenkominfo untuk mengantisipasi jika terjadi bencana. Jadi kala bencana datang masyarakat akan langsung mengetahuinya karena disiarkan di televisi,” pungkasnya.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan