Simak! 6 Manfaat Konsumsi Susu Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Jadi ASI Booster Alami, Bonus Resep

ABOUTSEMARANG – Hampir semua masyarakat di Indonesia pasti mengenal kurma, buah yang dianggap mujarab untuk kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi dan vitamin yang berlimpah.

Mengkonsumsi kurma sangat bermanfaat bagi tubuh, begitu juga dengan susu yang mengandung kalsium, protein dan masih banyak lagi.

Bayangkan, ketika susu dan kurma diolah, apakah khasiatnya akan bertambah atau justru tidak ada sama sekali ya?

Susu kurma adalah olahan buah kurma yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi buah kurma mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium. Sementara itu, susu kaya akan lemak, protein, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D.

Baca Juga : Resep Miyeokguk, Sup Rumput Laut Ala Korea yang Penuh Gizi

Dengan campuran nutrisi dan vitamin yang ada pada keduanya, ini khasiat yang ditawarkan oleh susu kurma.

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh susu kurma adalah baik untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ternyata dapat menurunkan pemicu penyakit jantung.

Campuran antara susu yang menjadi sumber kalium untuk tubuh dengan kurma membuat keduanya bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Membantu meringankan sembelit

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat susu kurma lainnya adalah membantu meringankan sembelit. Campuran susu dengan kurma akan memudahkan Anda untuk mendapatkan serat yang dapat membuat BAB lancar melewati usus.

3. Susu kurma memperkuat tulang dan gigi

Seperti yang Anda ketahui bahwa konsumsi susu dapat memperkuat tulang. Baik susu dan kurma kaya akan kalsium.

Bahkan, kurma juga mengandung selenium, tembaga, dan magnesium yang bersifat memperkuat tulang Anda. Tidak hanya tulang, kandungan nutrisi ini juga membuat gigi lebih kuat.

Kalsium dan magnesium bekerja sebagai pendorong agar tulang manusia lebih kuat. Selain itu, tubuh juga mengeluarkan kalsium setiap hari dan butuh membutuhkan yang baru untuk menggantikan kalsium yang hilang.

Maka itu, susu kurma yang mengandung kalsium tinggi mungkin menjadi bisa Anda tambahkan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Siapa sangka konsumsi susu kurma ternyata bisa memberikan manfaat untuk kulit yang lebih cerah dan lembut. Menurut penelitian dari Scientific World Journal, kurma mengandung sifat anti penuaan, yaitu phytohormone.

Hormon ini dinilai dapat membantu mengurangi efek penuaan yang cukup berpengaruh.

Sementara itu, ketika Anda akan memilih susu mungkin sering melihat label vitamin D pada kotaknya. Kenyataannya, hampir semua susu sapi UHT telah diperkaya oleh vitamin D.

Kandungan vitamin D pada susu pun dapat membantu melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim. Maka itu, campuran susu dan kurma memberikan efek yang baik bagi kesehatan kulit.

5. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium ternyata membuat manfaat susu kurma dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Ketiga nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk tubuh agar dapat mengirimkan pesan dari tubuh ke otak, serta sebaliknya lewat sistem saraf.

Terlebih lagi, ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak. Oleh karena itu, konsumsi susu kurma menjadi alternatif yang baik untuk yang ingin sistem sarafnya tetap sehat.

6. Menambah Produksi ASI

Manfaat susu kurma bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah menambah produksi ASI bagi ibu yang masih menyusui apalagi saat berpuasa yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kurma jadi salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan.

Dalam buah kurma terdapat kandungan yang dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, kandungan gula alami dalam kurma juga bisa berfungsi sebagai energi cadangan bagi ibu selama menyusui. Manfaat kurma dalam meningkatkan produksi ASI dipercaya akan bertambah jika dikombinasikan dengan susu, terutama jenis susu UHT.

Resep Susu Kurma

Bahan-bahan:

  • Kurma – 15 butir
  • Susu cair – 500 ml
  • Madu – 3 sdm
  • Air matang, untuk merendam kurma – secukupnya

Cara Membuat :

  1. Buang biji kurma kemudian taruh kurma dalam gelas.
  2. Rendam kurma dengan air matang secukupnya sampai kurma terendam seluruhnya.
  3. Simpan dalam kulkas minimal 5 jam atau semalaman.
  4. Campur susu cair, kurma dan air rendaman kurma, tambahkan 3 sendok makan madu.
  5. Blender sampai halus.
  6. Tuang ke dalam gelas saji, susu kurma siap disajikan.

Tips:

  1. Jika suka dingin, bisa tambahkan es batu untuk diblender.
  2. Air rendaman kurma jangan terlalu banyak supaya tidak menghilangkan rasa susu. Air rendaman kurma hanya sebatas sampai menutupi kurma saja. Selamat mencoba. ***
Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan