Simak! Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam 2022, Dibaca Setelah Sholat Ashar dan Magrib

ABOUTSEMARANG – Menjelang pergantian tahun, umat Islam dianjurkan untuk mengamalkan bacaan doa, yaitu doa tahun baru Islam. Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 H, bertepatan Sabtu 30 Juli 2022 besok, berikut amalan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun.

Berbeda dengan pergantian tahun Masehi yang terjadi pada malam hari, pergantian tahun Hijriah berganti pada saat petang hari atau menjelang waktu magrib.

Menurut kalender Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1444 H juga jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Dengan demikian, umat Islam dapat membaca Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun pada hari ini, Jumat (29/7).

Doa Akhir Tahun dibaca setelah Sholat Ashar, sementara Doa Awal Tahun diamalkan setelah Sholat Magrib.

Adapun manfaat dari mengamalkan doa ini yaitu untuk mengharap kemurahan dan anugerah Allah untuk tahun berikutnya.

Berikut bacaan doa akhir tahun dan doa awal tahun selengkapnya dikutip dari MAJMU’ SYARIF Ibnu Watiniyah dalam tulisan arab, latin dan artinya agar mudah diamalkan.

Bacaan Doa Akhir Tahun

Mengutip Terjemah dan Fadhilah Majmu Syarif, doa akhir tahun dibaca sebanyak tiga kali sesudah sesudah Sholat Ashar, batasnya adalah sebelum Sholat Magrib pada akhir bulan Dzulhijah. 

. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

BACA JUGA :   Ini 20 Link Twibbon Peringatan Tahun Baru Islam 2023 Beserta Cara Pakainya

Latin:

Washallallahu ‘ala sayyidina wamaulaanaa muhammadin wa ”ala aalihi washahbihi wa sallam.

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm

Artinya:

“Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.”

“Ya Allah, laranglah apapun dari-Mu yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada -Mu, maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku. Dan hal-hal apapun yang Engkau ridhai yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada Engkau, Ya Allah, wahai yang Mahamulia, wahai yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, sudilah Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Mahamulia. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam-Nya kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw juga pada keluarga dan para sahabatnya.”

Bacaan Doa Awal Tahun

Sementara doa awal tahun dibaca sebanyak tiga kali sesudah waktu Sholat Magrib atau awal bulan Muharram.

. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

BACA JUGA :   Doa Akhir Tahun 2021 dan Awal Tahun 2022 Bagi Umat Muslim, Ini Bacaan Latin dan Artinya

Latin :

Washallallahu ‘ala sayyidina wamaulaanaa muhammadin wa ”ala aalihi washahbihi wa sallam.

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya:

“Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.”

“Ya Allah, Engkau yang Maha kekal. Maha terdahulu lagi Maha awal, dan berkat kemurahan-Mu yang besar serta karunia-Mu yang menjadi sumber (semuanya terjadi). Dan kini tahun baru telah tiba, pada tahun ini kami memohon kepada-Mu agar terpelihara dari godaan setan, para pendukungnya dan bala tentaranya, dan kami memohon agar terpelihara dari hawa nafsu kami yang selalu memerintahkan berbuat keburukan. Dan kami memohon semoga Engkau menjadikan diri kami disibukkan dengan hal-hal yang mendekatkan diri kami kepada Engkau dengan sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki kesabaran dan kemuliaan, wahai Tuhan yang maha Penyayang diantara para penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, tuan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.”

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan