Simak! Kalah dari Yordania 0-1, Apakah Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023?

ABOUTSEMARANG – Timnas Indonesia tumbang 0-1 melawan Yordania dalam matchday kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Minggu (12/6) dini hari WIB.

Hasil ini membuat peluang Indonesia merebut tiket ke babak utama berakhir. Namun, Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023, begini penjelasannya.

Saat ini, Timnas Yordania masih memuncaki klasemen sementara Grup A dengan 6 poin. Sementara itu, Timnas Indonesia dan Kuwait sama-sama mengoleksi 3 poin dan menempati posisi dua dan tiga.

Timnas Indonesia menempati posisi yang lebih baik ketimbang Kuwait karena unggul head-to-head. Sebagai informasi, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di pertemuan pertama.

Setelah kalah dari Yordania, skuad Garuda masih bisa lolos ke Piala Asia 2023 dengan melalui satu jalur, yakni lima runner-up terbaik. Untuk merebut status lima runner-up terbaik.

Timnas Indonesia wajib menang atas Nepal, dan berharap Kuwait bermain imbang atau kalah dari Yordania di matchday pamungkas.

Tidak sampai di situ, skuad Garuda juga wajib berharap di grup lain, posisi runner-up nya gagal menyentuh enam angka. Terdapat situasi yang menguntungkan Timnas Indonesia. Keuntungan tersebut datang dari penampakan klasemen di Grup B.

Palestina menduduki pemuncak klasemen sementara Grup B dengan koleksi 6 poin, di bawahnya terdapat Filipina dengan 4 poin, Yaman dengan satu poin dan Mongolia dengan 0 poin. Jika Palestina mengalahkan Filipina di laga pamungkas, maka runner-up di Grup B hanya memiliki perolehan akhir 4 poin.

Yaman juga hanya mengoleksi 4 poin meski berhasil menang atas Mongolia di matchday pamungkas Grup B. Situasi itu tentu amat menguntungkan bagi Timnas Indonesia. Selain kalah, Filipina juga bakal gagal merebut lima runner-up terbaik jika imbang bermain imbang kontra Palestina.

BACA JUGA :   Langsung Sold Out! Jersey Pratama Arhan di Tokyo Verdy Resmi Rilis

Sebab, Timnas Indonesia masih bisa mengoleksi 6 poin andai menang atas Nepal, plus dengan harapan Kuwait gagal menang atas Yordania.

Meski begitu, Timnas Indonesia pantang meremehkan Nepal. Sebab, Nepal akan bermain tanpa beban lantaran kans mereka untuk lolos ke Piala Asia 2023 sudah tertutup, setelah tumbang 0-2 dari Yordania dan dibantai Kuwait 1-4.

Laga Timnas Indonesia kontra Nepal akan dilangsungkan pada Rabu 15 Juni 2022 pukul 02.15 WIB. Pertandingan tersebut akan dihelat di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City. (*)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan