Sistem Ganjil Genap Kendaraan Akan Berlaku di Kabupaten Indramayu, Ini Titiknya

ABOUTSEMARANG – Satlantas Polres Indramayu Jawa Barat, akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas sistem ganjil genap kendaraan bermotor untuk membatasi mobilitas warga, terutama di pusat kota daerah itu.

Menurut Kasatlantas Polres Indramayu, AKP Bambang Sumitro, uji coba rekayasa lalu lintas ganjil genap ini akan diberlakukan di jalan protokol seperti  Jalan Jenderal Sudirman,  Jalan DI Panjaitan dan Jalan A Yani.

nformasi terkait sistem ganjil genap di jalan protokol Kabupaten Indramayu./ Humas Polres Indramayu

“Kita mulai uji coba ganjil genap (untuk beberapa jalan di Kabupaten Indramayu),” kata Kasatlantas Polres Indramayu AKP Bambang Sumitro dikutip Antara, Sabtu (28/8).

Bambang mengatakan rekayasa lalu lintas dengan sistem ganjil genap dilakukan di jalan yang memang sering mengalami kepadatan kendaraan atau keramaian mobilitas warga.

Adapun tujuan sistem ganjil genap itu untuk mengurai dan mengurangi mobilitas tersebut terutama dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, maka pihak Kepolisian akan memberlakukan sistem tersebut.

BACA JUGA: Polisi Jaga Perbatasan Jateng, Putar Balik Kendaraan Tak Penuhi Syarat

Namun lanjut Bambang, semua dilakukan ketika arus lalu lintas mengalami peningkatan dan ketika masih lancar, maka tidak akan diberlakukan.

“Kita sesuaikan dengan situasi dan kondisi arus lalu lintas, kalau ada kepadatan maka akan diberlakukan,” tuturnya.

Sistem ganjil genap tersebut baru dilakukan uji coba bagi kendaraan bermotor di jalur protokol Indramayu baru akan diuji coba selama tiga hari ke depan.

Langkah itu dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan dalam mengurangi mobilitas masyarakat selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Indramayu.

“Pada sistem ganjil genap ini ada pengecualiannya yaitu kendaraan TNI, Polri dan instansi terkait lainnya, ambulans serta kendaraan pengangkutan sembako,” katanya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan