Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Jateng-DIY Resmi Dibuka

ABOUTSEMARANG – Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Jateng dan DIY resmi dibuka pada Jumat, 9 Desember 2022.

Adapun peresmian tersebut dilakukan oleh Komisi VII DPRD di Kantor PLN UID Jateng dan DIY di Semarang.

Seperti diketahui, peresmian tersebut merupakan salah satu langkah nyata dukungan parlemen terhadap ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“PLN terus menambah jumlah SPKLU untuk Electric Vehicle (EV), jika eksisting saat ini terdapat 10 unit SPKLU di Jateng DIY, dalam waktu dekat akan ditambah lagi sembilan unit. Ke depan jumlahnya harus diusulkan dan ditambah lagi, kami wajib support,” kata Bambang Dwi Hartono, Ketua Tim DPR-RI dikutip dari ANTARA.

Sementara itu, untuk saat ini diketahui sudah ada total 129 unit SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik.

Anggota DPR-RI Komisi VII Dyah Roroesti mengatakan, berdasarkan COP27/ Konvensi Perubahan Iklim Internasional yang digawangi PBB, Indonesia telah meningkatkan target pengurangan emisi dari sebelumnya 29 persen menjadi 31 persen di 2030 dan salah satu penyumbang terbesar emisi karbon adalah dari emisi yang ditimbulkan oleh alat transportasi.

Di kesempatan yang sama Anggota Komisi VII yang lain, Bambang Hermanto menyampaikan dukungan penuh bagi PLN untuk terus menambah jumlah SPKLU demi mencapai target zero emission di tahun 2030.

Pengembangan ekosistem kendaraan listrik juga merupakan salah satu strategi dalam membantu pemerintah mengurangi beban biaya APBN untuk impor BBM.

“Selain membantu pemerintah mengurangi impor BBM, tentunya yang lebih penting adalah untuk mengurangi emisi karbon, karena menjaga bumi ini adalah tugas kita bersama. oleh karena itu mari kita galakkan ekosistem kendaraan listrik. berubah dari moda transportasi dengan metode combustion engine (BBM) ke kendaraan listrik,” kataAdi Priyanto, Direktur Distribusi PT PLN (Persero).***

Sharing:

BACA JUGA :   Pemkot Semarang Kirim Bantuan Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan