Stasiun Semarang Tawang Mulai Pakai Alat Pengenal Wajah Pada Gerbang Keberangkatan

ABOUTSEMARANG – Fasilitas pengenalan wajah atau face recognition mulai diterapkan pada gerbang keberangkatan di Stasiun Semarang Tawang, Jawa Tengah.

Adapun fasilitas tersebut menjadi inovasi terbaru dari PT KAI dalam meningkatkan layanan terhadap pelanggan.

“Layanan berfungsi mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko di Semarang, Senin, 5 Juni 2023.

Ixfan juga menyampaikan bahwa sebelum memanfaatkan layanan ini, para pelanggan KAI harus melakukan registrasi di mesin yang sudah disediakan di area stasiun.

Ia menjelaskan registrasi KTP Elektronik serta pemindaian sidik jari telunjuk kiri dan kanan tersebut hanya dilakukan sekali dan berlaku untuk seterusnya.

“Setelah registrasi, calon penumpang cukup melewati alat pengenal wajah yang sudah tersedia, tidak perlu lagi mencetak boarding pass,” katanya.

Ia menuturkan cukup membutuhkan waktu beberapa detik untuk memindai wajah sebelum nantinya gerbang keberangkatan terbuka otomatis.

Meski telah tersedia gerbang keberangkatan dengan alat pengenal wajah, kata dia, layanan boarding manual tetap tersedia bagi para calon penumpang.

Stasiun Semarang Tawang merupakan stasiun ketujuh yang mengaplikasikan inovasi gerbang keberangkatan terbaru itu setelah sebelumnya Stasiun Jakarta Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang dan Stasiun Cirebon.***

Sharing:

BACA JUGA :   Polisi Masih Selidiki Penyebab Pria Tak Sadar Diri di Dekat Sungai Babon, Semarang

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan