Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 Dicabut, Ini Respon Jokowi

ABOUTSEMARANG – Pembatalan status Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 resmi dilakukan oleh FIFA.

Meski demikian, hingga saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bicara mengenai adanya pembatalan tersebut.

Melansir dari media setempat, Jokowi tidak memberikan jawaban saat ditanya mengenai pembatalan status Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 ketika tengah kunjungan kerja di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Jokowi yang semula ditanya soal panen raya itu, kemudian ditanya soal pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, Jokowi tak memberikan jawaban.

Bahkan Jokowi langsung berjalan menuju pintu keluar gudang penyimpanan beras di Maros. Dia sempat berbalik kepada awak media, dan tersenyum mendengar pertanyaan tersebut.

Sebelumnya, FIFA memutuskan untuk membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 usai polemik penolakan Timnas Israel hadir di Indonesia.

Selain pembatalan, FIFA juga menyampaikan terkait adanya potensi sanksi untuk PSSI.

Dilansir dari situs resmi FIFA, FIFA membatalkan itu berdasarkan situasi sebelumnya di mana adanya protes di Indonesia mengenai keikutsertaan timnas Israel.

Tuan rumah baru yang menggantikan Indonesia disebut akan diumumkan segera tanpa mengubah jadwal turnamen.

Berikut ini pernyataan lengkap FIFA:

Menyusul rapat antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketum PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan berdasarkan kondisi saat ini yaitu membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tuan rumah baru yang menggantikan Indonesia disebut akan diumumkan segera tanpa mengubah jadwal turnamen. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

FIFA menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan itu tetap berkomitmen aktif membantu PSSI dan bekerja sama erat dengan dukungan pemerintahan Presiden Jokowi dalam proses transformasi persepakbolaan Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota dari FIFA disebut akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.

Sharing:

BACA JUGA :   Dramatis! Timnas Indonesia Berhasil Melenggang ke Babak Final SEA Games 2023 Usai Tekuk Vietnam

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan