Sungai Kaligarang Ungaran Meluap, Akses Jalan Tertutupi Lumpur

ABOUTSEMARANG – Sungai Kaligarang yang berada di samping SMK NU Ungaran meluap lantaran hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Semarang sejak Rabu siang, 4 Januari 2023 hingga malam hari.

Akibat luapan sungai tersebut, pemukiman warga hingga jalan penghubung menuju Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat menjadi tergenang.

“Curah hujan yang cukup tinggi sejak siang sekitar pukul 13.00 WIB tadi hingga setelah Maghrib tadi, membuat Sungai Kaligarang ini meluap,” kata Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika dalam keterangannya, Rabu, 4 Januari 2023.

Tak hanya itu, lumpur yang datang bersamaan dengan luapan air sungai tersebut juga turut menutupi jalan sehingga jalan menuju Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat tidak bisa dilalui dengan normal.

Meski begitu, Kapolres beserta jajarannya langsung melakukan pembersihan lumpur sekitar pukul 20.30 WIB agar akses jalan kembali normal.

“Dan sekarang pukul 20.30 WIB kami jajaran Polres Semarang bersama TNI, BPBD dan Damkar Kabupaten Semarang melaksanakan pembersihan lumpur yang menutup akses jalan. Dan untuk lumpur yang cukup tebal di depan SMK NU Ungaran,” ujar Kapolres.

Terkait penutupan jalan, AKBP Yovan menyebut Satlantas sempat menutup akses jalan menuru Desa Lerep dari arah alun-alun saat sungai meluap.

Kemudian lalu lintas diarahkan melewati Desa Dliwangi maupun Desa Mapagan untuk menghindari adanya kemacetan panjang akibat terseret luapan air.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun ada kendaraan roda 2 dan roda 4 yang macet dimana saat hujan deras tadi melintas di sekitar lokasi luapan air,” jelasnya.

Sementara itu, hingga pukul 21.30 WIB personel Sat Samapta Polres Semarang dibantu unsur TNI, BPBD dan Damkar masih melakukan pembersihan sisa-sisa lumpur. Sedangkan untuk kendaraan yang macet sudah berhasil dievakuasi selanjutkan diserahkan kepada pemiliknya.***

Sharing:

BACA JUGA :   Tanah Longsor di Wilayah Kalongan Ungaran Terus Melebar, Warga Harap Waspada

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan