Syarat Pembuatan SIM Kini Dipermudah, Polda Jateng: Boleh Ujian Ulang Sampai 3 Kali

ABOUTSEMARANG – Bagi masyarakat yang ingin membuat surat izin mengemudi (SIM) kini ada beberapa syarat yang dipermudah.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo Nugroho mengatakan di antara kemudahan itu yakni dibebaskannya latihan praktik sebelum ujian hingga toleransi pengulangan ujian praktik sampai tiga kali.

“Bisa latihan sepuasnya sebelum ujian dan toleransi mengulang ujian praktik dua sampai tiga kali,” ungkap Kombes Agus, Jumat, 30 Juni 2023.

Kendati demikian, untuk Polda Jateng mengaku tetap mempertahankan praktik ujian SIM C dengan tes jalur zig-zag dan alur 8.

Dalam ujian praktik SIM ini, kata dia, Polda Jawa Tengah memastikan tidak menghilangkan ujian berkendara zig-zag dan alur angka 8 serta balik arah atau U-Turn.

Hanya saja, sambungnya, saat ini jarak pembatas dibuat pada ketiga tes tersebut diperlebar dengan tetap mengacu Perintah Kapolri (Perkap).

“Kita lebarkan supaya pemohon SIM tidak mudah gagal. Pada dasarnya melayani masyarakat dengan baik, dan SIM ini bukti kompetensi berkendara yang baik dan mencegah kecelakaan dari human error,” tambah Agus.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut banyaknya keluhan dari masyarakat terkait pembuatan SIM, yakni pada tahap ujian praktik.

Kapolri pun meminta jajarannya untuk melakukan pembenahan sistem ujian tersebut sebagai bentuk pelayanan masyarakat.***

Sharing:

BACA JUGA :   Simak! Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Terapkan Aturan Baru Bagi Penumpang

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan