Tak Perlu Panik, Ini Cara Mengatasi Speaker yang Kemasukan Air

Aboutsemarang.Id,- Di era serba canggih seperti sekarang ini. Banyak inovasi baru yang dihadirkan oleh para penggagas elektronik dalam menghadirkan alat komunikasi yang tahan banting bahkan tahan air.

Banyak merk hp yang berlomba-lomba menghadirkan spesifikasi ‘waterproof’ pada produk hp mereka.

Baik itu Android maupun Ios rasanya sama-sama mengklaim hp milik mereka benar-benar waterproof.

Namun, secanggih-canggihnya elektronik, pasti ada juga mesin yang terkena dampak jika kemasukan air salah satunya adalah speaker.

Lalu bagaimana cara mengatasi speaker hp apabila kemasukan air? Berikut adalah langkah yang bisa kamu lakukan segera apabila speakermu mendadak bersuara cempreng.

1. Posisikan Speaker Hp Tetap Menghadap ke Bawah

Yang perlu kamu lakukan pertama kali apabila speaker hp kemasukan air adalah dengan memposisikan speaker menghadap bawah.

Hal ini dilakukan demi mencegah air masuk lebih dalam ke komponen mesin lainnya.

Jangan sesekali kamu meniup speaker dengan harapan air akan keluar. Karena hal tersebut justru akan mendorong air untuk masuk kedalam komponen lebih jauh.

2. Gunakan Frekuensi Suara Pengeluar Air dan Debu

Sedikit terdengar aneh memang, namun cara ini adalah cara yang paling ampuh apabila speaker hp kemasukan air tanpa perlu bongkar mesin hp.

Cukup memutar suara frekuensi tersebut di YouTube dan posisikan speaker ke bawah, maka air dan juga debu akan keluar dengan sendirinya dari speaker.

3. Bawa ke Tukang Service

Apabila cara nomor satu dan dua tidak bisa bekerja pada speaker hp mu. Kamu perlu membawanya pada tukang service hp baik resmi maupun konter.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan yang lebih serius pada komponen mesin hp.

Selamat mencoba.***

 

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan