Tanah Longsor di Wilayah Kalongan Ungaran Terus Melebar, Warga Harap Waspada

ABOUTSEMARANG – Tanah longsor hingga memutuskan jalan utama di Dusun Bandungan, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang terus melebar.

Kondisi tanah yang masih labil serta intensitas hujan yang tinggi semakin memperparah kondisi jalan. Alhasil, jalan penghubung Ungaran – Mranggen kini terputus total.

“Tanah sewaktu-waktu bergerak, jadi warga harus waspada. Pemicu tanah bergerak yang menyebabkan longsor, tenyata diketahui jauh di kaki lereng longsoran terdapat sungai,” kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, Rabu (1/2).

Masyarakat diminta berhati-hati dan selalu menjaga drainase agar tidak banyak mengimbuh air dan sekaligus tetap waspada karena ancaman longsor bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Sebelumnya, diakui Sujarwanto Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah telah melakukan upaya pengamatan dan penelitian jalan utama di Dusun Bandungan, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang longsor.

Bahkan, ungkap dia, tanah masih terus bergerak dan menggerus jalan Arjuna yang menghubungkan Ungaran – Mranggen hingga terputus total.

Aliran longsor saat ini mulai meluas meski hasil pemantauan geologi di lokasi longsor belum ditemukan retakan- retakan baru yang mengarah ke permukiman masyarakat. Meski demikian Fenomena geologi yang terjadi masih bisa menjadi ancaman di kemudian hari.

“fenomena pergerakan tanah hingga kemarin masih terjadi, sehingga kami minta diturunkan tim geolistrik air tanah,” ujarnya.

Sujarwanto tak menampik jika melihat kondisi jalan yang sangat patah memang sulit diselamatkan. Iamenandaskan tidak ada retakan tambahan yang artinya tidak ada pertumbuhan mahkota baru ke atasnya. Namun ia tetap mengimbau, jangan sampai terjadi ancaman kepada permukiman di sekitarnya.

BACA JUGA :   3 Warga Hilang Kontak Usai Ritual, Tim SAR Sisir Gunung Ungaran

“Ini bukan berarti safe (aman), tetapi ancaman terhadap wilayah permukiman di selatan longsoran ini rendah,” imbuhnya. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan