Tanggal Ini Lur! Ada Fenomena Langka Gerhana Matahari Hibrid, Bisa Disaksikan di Indonesia

ABOUTSEMARANG – Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) akan mewarnai bulan Ramadan tahun ini.

Menurut tim dari Astrofotografi Universitas Brawijaya (UB), fenomena ini nantinya dapat diamati di Indonesia bagian timur hingga tengah.

Sementara untuk daerah Indonesia bagian tengah hingga barat akan mengalami Gerhana Matahari parsial (sebagian).

Terkait waktu terjadinya, Fenomena ini diperkirakan akan mewarnai langit Nusantara pada 20 April 2023 mendatang dengan pembagian waktu yang berbeda setiap daerahnya.

Gerhana Matahari yang akan terjadi pada 20 April 2023 mendatang menjadi spesial karena berupa gerhana Matahari hibrid yang jarang terjadi.

Di wilayah Indonesia Timur akan terjadi GMT dan daerah lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial.

Johan Muhamad Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan GMT di wilayah timur Indonesia akan berlangsung selama 1 menit 16 detik.

Beberapa wilayah yang akan dilalui GMT 2023 adalah Kabupaten Fakfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten teluk Wondama, Kabupaten Kepulauan Yapen dan beberapa daerah lain di Papua Barat dan sebagian Timor Leste.

Diperkirakan penampakan GMT 2023 akan terjadi pada pukul 12.20 WIT atau 10.20 WIB dan puncaknya pada 13.57 WIT atau 11.57 WIB.

Sedangkan warga di wilayah Indonesia Barat lainnya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Parsial pada pukul 09.29 WIB dengan puncaknya pada 10.45 WIB.***

Sharing:

BACA JUGA :   Saksikan! Cari Berkah BTV: Hubungan Mengejutkan Antara Nabilah Ayu, Sule dan Mimin Eva

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan