Tarif Sewa VW di Borobudur Naik, Segini Tarif Barunya

ABOUTSEMARANG – Tarif sewa mobil VW di kawasan Borobudur dan sekitarnya alami kenaikan.

Adapun kenaikan tarif tersebut menyusul adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Hal tersebut disampaikan oleh Pengelola VW Tour Organizer, Apollo yang mengatakan adanya kenaikan harga BBM berpengaruh pada biaya operasional dan perawatan mobil.

“Kan kenaikan BBM 30 persen, tapi di kita sendiri (tarif sewa) tidak mencapai 30 persen kenaikannya. Ada konsep yang kita coba buat untuk menekan operational cost,” kata Apollo, Magelang, Selasa, 20 September 2022.

Apollo mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah berupaya agar tarif sewa mobil VW tidak ikut naik. “Tapi mau tidak mau kita harus tetap mengikuti keadaan. Spare part naik, operational cost mobil otomatis naik,” ujar dia.

Menurut Apollo, kenaikan tarif sewa yang hampir mencapai Rp 50 ribu itu tidak sampai 25% dari tarif lama. Penyesuaian tarif baru ini berlaku bagi tamu baru. Sedangkan pengunjung yang memesan sebelum ada kenaikan tarif tetap membayar dengan harga lama.

“Paket short dulu tarifnya Rp 350 ribu, sekarang jadi Rp 400 ribu. Paket medium Rp 400 ribu jadi Rp 450 ribu. Paket long tidak ada kenaikan, masih Rp 900 ribu,” ujarnya.

Untuk diketahui, paket short berdurasi 2-2,5 jam dengan tiga destinasi. Paket medium durasinya 3-3,5 jam dengan empat destinasi. Sedangkan paket long durasinya 4-6 jam.

“Karena ada kenaikan ini, kita juga bikin beberapa paket yang masih untuk meng-cover tamu-tamu yang budget-nya terbatas. Jadi mendekati angka yang kemarin (sebelum kenaikan), tapi dengan konsep paket berdasarkan zona. Jadi kita bikin Desa Wisata Mangunsari (Sawangan) dan Desa Wisata Ngrajek (Mungkid),” kata Apollo.

BACA JUGA :   Info Lur! Rute Trans Jateng 2023 Lengkap Beserta Tarif dan Cara Pembayaran Non-Tunai

“(Kenaikan tarif sewa) Sudah mulai 2 minggu lalu atau seminggu setelah kenaikan BBM,” imbuh dia.

Sementara itu, anggota Komunitas VW Cabrio Borobudur, Prana Aji, mengatakan pihaknya saat ini masih menerapkan tarif lama.

“Rencana kita ada kenaikan, tetapi mungkin bulan depan (Oktober). Kita sepakati bersama-sama. Jadi tidak per kelompok, karena kita banyak kelompok di sini. Saya sebagai salah satu anggota komunitas di sini nanti mau merangkul teman-teman dulu, kesepakatan bersama,” ujarnya.

“Tidak dinaikkan tarifnya, hanya menyesuaikan. Memang dampaknya berantai kalau BBM. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan. Kemungkinan estimasi naiknya Rp 50 ribu per paket,” kata Aji.

Di komunitasnya ada sekitar 50 unit VW. Adapun tarif paket yang masih berlaku di VW Cabrio Borobudur mulai dari paket Rp 350 ribu (durasi 2 jam), paket Rp 450 ribu (3 jam), paket long Rp 600 ribu, dan paket one day Rp 850 ribu.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan