Tayang Sebentar Lagi, Film Penyalin Cahaya Coret Nama Kru Terkait Dugaan Pelecehan Seksual

ABOUTSEMARANG – Tim produksi film Penyalin Cahaya menghapus nama salah satu kru dari kredit film karena diduga sebagai pelaku pelecehan seksual. Pihak kru yang dimaksudkan tersebut juga dikeluarkan dari Rekata Studio.

Pihak tim produksi mendapatkan Informasi dugaan pelecehan seksual dari salah satu komunitas yang mengelola pelaporan kasus pelecehan seksual. Pelaku diduga melakukan kekerasan seksual di masa lalunya.

Tim produksi film Penyalin Cahaya ini pun memberikan pernyataannya melalui akun media sosial Twitter @rekatastudio.

“Kami mendapati sebuah nama dari tim film Penyalin Cahaya tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya,” tulis Rekata Studio dan Kaninga Pictures dalam pernyataan resmi pada Senin (10/1).

Baca Juga : Curhatan Abdel Berhenti Pakai Narkoba Karena Ibu-ibu Pengajian, Kok Bisa?

“Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan materi-materi publikasi film,” lanjutnya.

Rekata Studi dan Kaninga Pictures menyebut akan berkomitmen memberikan ruang aman dan bebas dari pelecehan seksual di lingkungan produksi film. Mereka juga berjanji akan berpihak kepada penyintas pelecehan seksual.

Tim produksi menjelaskan proses syuting Penyalin Cahaya berjalan dengan aman selama 20 hari. Mereka juga akan bersikap serius dalam menyikapi kasus pelecehan seksual.

“Kami berharap proses-proses yang terjadi setelah laporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tersebut,” tulis Rekata Studio dan Rekata Pictures.

BACA JUGA :   8 Rekomendasi Film untuk Peringati Hari Guru Nasional 2021

Rekata sendiri merupakan rumah produksi di balik film Penyalin Cahaya, yang mengisahkan perjuangan Sur (Shenina Cinnamon) yang mencari keadilan atas kasus penyebaran swafoto dirinya kala mabuk. Sur tidak mengingat apa pun yang terjadi kala foto tersebut diambil saat pesta komunitas teater.

Sur kemudian meminta bantuan teman masa kecilnya, Amin (Chicco Kurniawan). Amin merupakan tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus. Keduanya bekerja sama mencari tahu kejadian yang sesungguhnya terjadi di balik foto tersebut.

Film Penyalin Cahaya sendiri dijadwalkan tayang pada Kamis, 13 Januari 2022 melalui platform streaming Netflix. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan