Tayang Serentak Hari Ini! Sinopsis Film Paranoia, Hidup Penuh Kegelisahan dan Ketakutan

ABOUTSEMARANG – Film thriller pertama garapan Miles Films, berjudul Paranoia hari ini 11 November 2021 tayang serentak di bioskop-bioskop Indonesia.

Paranoia merupakan film drama thriller yang di sutradara Riri Riza dan di produser Mira Lesmana. Film ini dibintangi oleh Nirina Zubir, Nicholas Saputra, Lukman Sardi, dan Caitlin North-Lewis.

Film Paranoia diproduksi di tengah masa pandemi pada akhir tahun 2020 dan tayang perdana di Bucheon Internasional Fantastic Film Festival (BIFAN) yang berlangsung di Korea Selatan selama 8-18 Juli 2021.

BIFAN merupakan festival film skala internasional yang diselenggarakan setiap tahun di kota Bucheon, Gyeonggi.

Baca Juga : Penuh Ketegangan, Trailer Film “Paranoia” Resmi Rilis

Sinopsis Film Paranoia

Film Paranoia bercerita tentang seorang perempuan yang melarikan diri dari suaminya. Ia diburu karena melarikan diri dengan membawa anak mereka. Tak hanya itu, perempuan itu juga membawa sejumlah barang berharga. Hingga suatu hari, dalam persembunyiannya ia bertemu dengan seorang pria. Bukan ditolong oleh orang asing tersebut, justru pertemuan ini membuat situasi semakin rumit.

Dalam trailernya diceritakan bahwa perempuan ini telah hidup bahagia dengan lari dari suaminya. Aktor perempuan tersebut diperankan oleh Nirina Zubir yang bernama Dina. Persembunyian Dina diketahui oleh salah satu teman dari suaminya (Gion) yang diperankan oleh Lukman Sardi. Karena hal itu, Dina mulai kelimpungan dan membakar semua identitas Gion yang masih ia simpan.

Sementara itu, Gion mulai melihat titik terang. Ia akan mencari Dina sampai ketemu. Atas hal ini, Dina merasa terancam dan ketakutan bila suatu hari Gion berhasil menemukannya. Hingga suatu hari, Laura (Caitlin North-Lewis) anak dari Dina dan Gion bertemu dengan Raka (Nicholas Saputra).

Kemunculan Raka membuat hubungan Dina dan Gion semakin terusik. Ditambah lagi, Laura seringkali mencari tahu tentang identitas Raka yang sebenarnya. Padahal, Dina sudah melarang Laura untuk pergi ke tempat Raka. Ia khawatir jika Raka mengenal Gion sebelumnya.

Karakter Dina di film Paranoia ini dikenal sulit dan tidak mudah mempercayai orang lain, terlebih ke orang yang baru dikenalnya. Hidupnya selalu gelisah dan raut wajah serta bahasa tubuhnya selalu mencerminkan hal tersebut, sehingga orang-orang yang berada di sekelilingnya pun merasa tidak nyaman.

Meski empat karakter ini saling bertolak belakang, namun nasib mereka saling terikat, yang pada akhirnya menghasilkan kisah thriller yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir. Pada akhir film, penonton akan disuguhkan sebuah babak penyelesaian, dari cara masing-masing pribadi menghadapi ketakutan berlebih (Paranoia) yang menghantui mereka.

Film ini memiliki genre menegangkan yang disutradarai oleh Riri Riza dan Mira Lesmana. Riri Riza selaku sutradara film ini mengatakan bahwa cerita Paranoia terinspirasi dari kegelisahan dan ketakutan yang dirasakan oleh orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19.

“Sebenarnya perasaan paranoia atau rasa takut itu adalah satu hal yang menjadi pendorong utama dari ceritanya, mungkin perasaan yang pasti nyambung [dari masing-masing karakter di film ini] adalah ketika kita menyelami rasa takut,” ujar Riri.

Dalam menggarap film ini, Riri dan Mira bahkan berkonsultasi dengan sutradara dari Swedia tentang teknik kamera agar bisa menampilkan unsur thriller dalam film tersebut.

Setelah tayang perdana di Bucheon Internasional Fantastic Film Festival, Paranoia juga berhasil mendapatkan empat nominasi Festival Film Indonesia 2021, yaitu Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik oleh Riri, Penata Suara Terbaik oleh Aria Prayogi, dan Perempuan Utama Perempuan Terbaik oleh Nirina Zubir.

Saksikan tayangan perdana film Paranoia di bioskop hari ini, Kamis, 11 November 2021. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan