Tekan Penggunaan Kendaraan Pribadi, Undip Sediakan Layanan Bus Kampus

ABOUTSEMARANG – Bus kampus mulai dioperasikan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di lingkungan kampus.

Di awal pengoperasiannya, pihak Undip baru menyediakan empat bus yang melayani perjalanan.

“Untuk awal ini baru empat bus yang melayani perjalanan di dalam lingkungan kampus,” kata Wakil Rektor Undip Semarang Faisal dalam siaran pers di Semarang, Kamis, 13 Oktober 2022.

Ia menjelaskan bus kampus tersebut bisa dimanfaatkan mahasiswa yang berangkat maupun pulang kuliah.

Menurut dia, keberadaan bus kampus tersebut diharapkan memberi kenyamanan serta keselamatan bagi para mahasiswa, di banding menggunakan kendaraan pribadi.

“Berkurangnya kendaraan pribadi di lingkungan kampus akan berdampak pula terhadap berkurangnya polusi udara dan suara,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, kesehatan serta kesejahteraan mahasiswa karena pengeluaran yang lebih hemat juga akan meningkat.

Ia menjelaskan keberadaan bus kampus tersebut akan mendukung keberadaan transportasi umum yang sudah ada, namun belum bisa menjangkau wilayah di dalam kampus.

Ke depan, kata dia, bus yang mulai beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB akan diperluas jangkauan operasinya jika memperoleh respon dan animo tinggi mahasiswa.

“Tidak menutup kemungkinan diperluas rutenya hingga keluar kampus,” ujarnya.***

Sharing:

BACA JUGA :   Pas untuk Kantong Mahasiswa! 5 Rekomendasi Mi Ayam Enak Sekitar Undip Semarang

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan