Terdampak Kenaikan BBM dan Inflasi, 1.200 Nelayan Tambak Lorok Diberi Bantuan Paket Sembako

ABOUTSEMARANG – Pemkot Semarang dan BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan 1.200 bantuan paket sembako untuk para nelayan di Tambak Lorok Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara.

Bantuan diberikan untuk meringankan beban para nelayan yang terdampak kenaikan harga BBM dan juga inflasi.

Plt Walikota Semarang, Hevearita G. Rahayu, menyebut jika nelayan di wilayah Tanjung Mas masuk dalam 7 kelurahan yang dibawah standar sehingga perlu diberikan bantuan ini.

“Ini adalah salah satu upaya dari Pemerintah kota Semarang dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk mensupport para nelayan yang terdampak kenaikan harga BBM, inflasi, hingga banjir rob. Adapun Tanjung Mas masuk dalam tujuh kelurahan yang ada di bawah standar,” ujar Ita sapaan akrabnya, Minggu (27/11).

Menurut Ita, wilayah kelurahan Tanjung Mas juga akan diberikan bantuan pemberdayaan masyarakat dengan dibangun sheet pile.

Sheet pile ini sengaja dibangun untuk mengurangi dampak-dampak banjir rob di wilayah tersebut.

“Kita dorong agar tidak sampai setahun pemasangan sheet pile di wilayah Tanjung Mas ini (selesai),” tambah Ita.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan santunan secara simbolis kepada ahli waris nelayan dan pedagang ikan di daerah Tambak Lorok.

Ita berharap masyarakat akan merasakan manfaat dengan menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan dengan membayar iuran yang tentu sudah disesuaikan dengan kemampuan.

“Seperti tadi ada pedagang perempuan yang menerima ahli warisnya sebesar 42 juta. Ini diharapkan menjadi pendorong. Karena yang namanya meninggal dan kecelakaan kan kita tidak tahu. Kita terima kasih kepada BPJS yang sudah mensupport, membantu,” ucap Ita.

BACA JUGA :   Kota Semarang Kembali Raih Predikat Kota Layak Anak Tahun 2022

Ita juga mengapresiasi masyarakat Tanjung Mas yang bisa menghemat pengeluaran karena sudah mulai menerapkan pertanian perkotaan atau urban farming.

Pihaknya bertekad untuk mendorong agar pertanian perkotaan bisa tumbuh bagus di wilayah Tanjung Mas.

Di samping itu, dirinya juga menilai saat ini hasil tangkapan ikan para nelayan sedang mengalami peningkatan karena didukung cuaca yang bagus.

“Kemarin-kemarin kami juga menyadari panjenengan berkutat dengan rob, dengan banjir dan wilayah-wilayah seperti ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang,” pungkasnya.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan