Ternyata WA IG FB Kendala Masalah Ini, Perusahaan Mark Zuckerberg Minta Maaf

ABOUTSEMARANG – Media sosial Facebook, Whatsapp dan Instagram mengalami masalah down di beberapa negara, termasuk Indonesia, Senin (4/10) malam.

Bahkan #instagramdown dan #facebookdown pun menjadi trending topic di lini masa twitter.

Saat pengguna mencoba membuka Facebook, tulisan “Sorry, Something went wrong” yang berarti ada sesuatu yang salah terjadi.

Sementara, laman Instagram menampilkan tulisan “5xx Server Error” dengan latar warna putih.

Dikutip dari Blue Frontier, 5xx Server Error menunjukkan ada kesalahan dari sisi server di mana server situs web Whatsapp hingga Instagram tidak berhasil mengabulkan permintaan pengguna karena suatu alasan.

BACA JUGA: Facebook, WhatsApp, Instagram Down: FB Ungkap Penyebabnya di Twitter

Secara umum, ini menunjukkan bahwa masalahnya tidak terletak pada situs web, koneksi internet, atau komputer Anda.

Kemungkinan besarnya, sedang ada pemeliharaan server untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ada berbagai jenis error dari sisi server situs. Pertama, ada istilah “500 – Internal Server Error” yang berarti situs tidak dapat memutuskan masalah penyebab error.

Lalu, ada “501 – Not Implemented” di mana server situs tidak dapat membedakan permintaan yang dibuat atau tidak dapat mengabulkan permintaan saat ini karena alasan apa pun.

Ketiga, ada “503 – Service Unavailable” yang biasanya berarti sedang ada maintenance atau server kelebihan beban. Ini umumnya masalah sementara dan pengguna harus mencoba lagi nanti.

Terakhir, ada “504 – Gateway Timeout”. Hal ini menunjukkan server hulu Whatsapp hingga Instagram gagal merespons permintaan akses secara tepat waktu.

Sementara, pihak perusahaan milik Mark Zuckerberg mengakui Facebook, Whatsapp, dan Instagram down. Mereka mengatakan pada pengguna bahwa masalah ini sedang diperbaiki.

BACA JUGA :   WhatsApp Kini Bisa Dua Akun di Satu Aplikasi, Begini Cara Aktifkannya

“Kami sadar beberapa orang mengalami masalah mengakses aplikasi dan produk kami. Kami bekerja untuk mengembalikan segalanya kembali normal secepatnya, dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis pihak Facebook lewat akun Twitter resmi mereka.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan