TikTok Segera Luncurkan Opsi Baru Pengingat Agar Pengguna Tidak Berlebih Saat Main Media Sosial

ABOUTSEMARANG – TikTok memperkenalkan opsi baru dalam beberapa minggu mendatang untuk dapat mendorong pengguna berhenti menggulir video pendek tanpa henti di platform.

Selain itu, tujuan TikTok meluncurkan opsi tersebut juga untuk mencegah adanya penggunaan media sosial yang berlebihan oleh pengguna.

Dilansir dari sebuah posting blog pada Kamis, 10 Juni 2022 lalu, TikTok diketahui akan memberikan pengingat jeda istirahat saat menggunakan platform melalui opsi baru tersebut.

Sebelumnya, TikTok juga sudah memberi pemberitahuan jika pengguna telah menghabiskan waktu 40, 60, 90 atau 120 menit di aplikasi per hari.

“Perintah ini akan mengingatkan orang beristirahat setelah sejumlah waktu layar tanpa gangguan, yang dapat mereka atur sesuai pilihan mereka,” kata Jordan Furlong, manajer produk kesejahteraan digital di TikTok.

Dikutip The Verge, perusahaan mengatakan dengan adanya fitur pengingat membuat orang akan merasa sadar dan seimbang saat menggunakan TikTok.

Dasbor waktu layar baru juga akan memberi pengguna data tentang berapa banyak waktu yang mereka habiskan di TikTok, termasuk ringkasan waktu harian yang dihabiskan di platform, berapa kali mereka membuka aplikasi dan perincian penggunaan siang dan malam hari.

Pengguna juga bisa memilih menerima notifikasi mingguan, untuk meninjau dasbor waktu layar mereka, dikutip CNN.

Sementara itu, sederet pembaruan di TikTok juga datang usai tekanan pada perusahaan untuk memberikan kesejahteraan digital dan kepedulian atas kesehatan mental pada pengguna TikTok kaum muda.

Sejumlah eksekutif perusahaan seperti TikTok, YouTube dan Snapchat telah ditanya oleh Senator Amerika Serikat pada 2021 ihwal langkah-langkah yang diambil buat melindungi kaum remaja.

BACA JUGA :   Viral TikTok! 'Oi Kiyomasa Nande Nande Baka Gambare' Ini Artinya

Platform media sosial lain sebelumnya telah mengumumkan inisiatif serupa. Instagram meluncurkan ‘Ambil Istirahat’ pada Desember lalu, sebagai langkah untuk pembatasan penggunaan yang berlebih.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan