Tim Resmob Satreskrim Polres Tegal Sergap Lima Kawanan Perampok Minimarket

ABOUTSEMARANG – TEGAL – Lima perampok spesial Minimarket yang kerap malang melintang di sejumlah kota di Jawa Tengah, diringkus Tim Resmob Satreskrim Polres Tegal, Jawa Tengah.

Penangkapan kelima tersangka dilakukan penyergapan di sebuah tempat Kos di wilayah Margasari, Kabupaten Tegal.

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan, terungkap kelima tersangka mengaku beraksi di Kabupaten Tegal sebanyak 2 kali, Brebes 1 kali dan Pemalang 2 kali.

Para pelaku yang merupakan kelompok Jawa Barat ini kerap beraksi pada dini hari.

“Modusnya dengan menjebol tembok belakang Minimarket menggunakan Bor dan Linggis. Lalu menggasak barang-barang dagangan dan uang tunai,” terang Kapolres Tegal AKBP Mochamad Sajarod Zakun, saat jumpa pers Senin (29/01/24).

Dalam setiap aksinya, para pelaku selalu berbagi peran. Ada yang bertugas mengamati situasi, menjebol tembok, eksekutor dan sopir kendaraan yang digunakan.

Akibat perbuatan tersangka, pemilik Minimarket menderita kerugian puluhan juta rupiah per orang.

“Selain uang tunai, para tersangka memilih mengambil rokok dan barang-barang keperluan rumah tangga karena mudah dijual lagi,” imbuh Kapolres.

Kasat Reskrim Polres Tegal, AKP Suyanto, menjelaskan, salah satu tersangka merupakan residivis kasus yang sama. Penagkapan tersangka berawal dari informasi masyarakat terkait adanya aktifitas mencurigakan sekelompok orang yang kos di salah satu tempat kos.

“Penyergapan kita lakukan di tempat kos di wilayah Margasari, setelah kita melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi dari masyarakat,” terang AKP Suyanto.

Sementara itu, salah satu tersangka A mengaku mendapat bagian uang sebesar 12 juta rupiah dan barang-barang, dari beberapa kali aksi merampok Minimarket di sejumlah Kota.

BACA JUGA :   Polres Tegal Ungkap Sejumlah Tindak Pidana Selama Operasi Pekat Candi 2024, Ada Ratusan Liter Miras Oplosan

“Saya tugasnya menjebol tembok. Dari sekian kali beraksi saya mendapat bagian 12 juta, uangnya saya pakai untuk membeli pakaian anak dan kebutuhan istri saya,” ujar tersangka.

Polisi menyita sejumlah barang bukti, berupa 2 linggis, gergaji besi, martil, bor dan nopo palsu.

Akibat perbuatannya kelima tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun.***

Resmob Polres Tegal saat menyergap Kawanan Perampok Minimarket di sebuah tempat Kos di wilayah Margasari beberapa hari lalu. (Foto: Dok. Polres Tegal)

 

Penulis: Afeld Ramadhan

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan