Timnas Indonesia Menang Atas Burundi 3-1, Babak Kedua Sempat Kebobolan

ABOUTSEMARANG – Timnas Indonesia menang 3-1 atas Burundi pada pertandingan FIFA match day, pada laga yang dimainkan di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Sabtu (25/3/2023).

Timnas Indonesia yang menurunkan formasi 3-4-3 mampu mengimbangi kekuatan fisik yang diandalkan Burundi.

Pasukan Shin Tae Yong ini bahkan berhasil membuka keunggulan pada menit keenam, saat Yakub Sayuri yang menyusup ke pertahanan lawan berhasil menanduk bola umpan silang kiriman Stefano Lilipaly.

Pada menit ke-11, giliran Lilipaly yang menerima umpan silang dari Yakub. Namun sundulan pemain Borneo FC itu masih dapat ditepis kiper Burundi Mutombora Fabien.

Keunggulan Timnas Indonesia bertambah pada menit ke-14. Sundulan Yakub mampu ditahan kiper Burundi, namun dari sana muncul kemelut di mulut gawang Fabien yang berhasil dimaksimalkan oleh Dendy Sulistyawan untuk menggandakan keunggulan.

Gawang Timnas garuda yang dikawal kiper Syahrul Trisna relatif tidak banyak mendapat ancaman pada separuh babak pertama.

Sempat muncul sedikit ancaman dari sepakan melebar pemain Burundi pada menit ke-20.

Peluang bagus kemudian kembali dimiliki Lilipaly, yang menerima umpan tarik dari Asnawi di dalam kotak penalti Burundi. Tetapi tembakannya masih membentur pemain lawan.

Menjelang turun minum, yakni pada menit ke-44, gawang Burundi bergetar untuk ketiga kalinya.

Kiper Burundi Fabien gagal mengamankan umpan silang dengan sempurna, bola kemudian mengarah ke Rizky Ridho yang dengan mudah memasukkannya ke gawang tim tamu sekaligus menjadi gol penutup babak pertama.

Burundi mencoba mendominasi penguasaan bola pada awal babak kedua. Namun justru Timnas Indonesia yang sempat mencuri peluang lewat sundulan Yakub memanfaatkan umpan silang Pratama Arhan, tetapi bola masih melambung.

BACA JUGA :   Duel Sengit, Timnas Indonesia Kalahkan Curacao di GBLA Bandung

Pada menit ke-51, Burundi mampu memperkecil ketertinggalan. Diawali dari skema serangan balik cepat, Niyongabire Pacifique merepotkan pertahanan tim Garuda sebelum menaklukkan kiper Syahrul Trisna.

Gol tersebut seolah membuat Burundi semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan.

Beberapa kali mereka mencoba melancarkan serangan berbahaya, namun trio Rizky-Jordi-Elkan selalu mampu mematahkan serangan yang datang.

Peluang bagus akhirnya didapat Burundi pada menit ke-85. Bonfils-Caleb Bimenyimana melepaskan tembakan jarak jauh, namun bola mampu ditepis kiper Syahrul. Syahrul Trisna juga berhasil menggagalkan sepakan Jospin Nshimirimana pada fase akhir laga.

Timnas Indonesia pun berhasil mempertahankan keunggulan 3-1 sampai peluit panjang berbunyi.

Kedua tim akan kembali bertemu di tempat yang sama untuk memainkan laga FIFA match day berikutnya pada Selasa (28/3/2023) mendatang.

Berikut susunan pemain:

Indonesia: Syahrul Trisna Fadillah, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Pratama Arhan (Edo Febriansyah 68′), Marc Klok (Ricky Kambuaya 92′), Rachmat Irianto (Syahrian Abimanyu 46′), Yakub Sayuri (Riko Simanjuntak 70′), Dendy Sulistyawan (Ramadhan Sananta 68′), Stefano Lilipaly (Witan Sulaeman 68′)

Burundi: Mutombora Fabien, Harerimana Rashid, Muhindo Collin, Nizigiyamana Abdoul Karim (Shassiri Nahimana 73′), Weymans Marco (Ismail Nshrimana 46′), Mussa Omar (Aaron Musore 63′), Nduwaruriga Styve (Jospin Nshrimana 46′), Kanakimana Bienvenue (Elvis Kamsoba 73′), Niyongabire Pacifique, Shabani Hussein (Bonfils-Caleb Bimenyimana 68′)

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan