Timnas Indonesia U-17 Menang Lawan Palestina, Lawan Malaysia Penentu Juara

ABOUTSEMARANG – Timnas Indonesia U-17 berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Palestina pada lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (7/10).

Indonesia yang mencoba tampil menyerang sejak menit awal, cukup kesulitan menembus pertahanan rapat Palestina. Namun, gol bunuh diri Palestina di menit kesembilan membuat Indonesia unggul 1-0.

Keunggulan Indonesia tercipta berkat gol bunuh diri bek Palestina Ibrahim Alfuqaha. Alih-alih menyapu bola umpan silang Habil Abdilah di kotak penalti, bola justru masuk ke gawang sendiri.

Gol tersebut tercipta usai Habil Abdillah melepaskan umpan silang dari sisi kiri ke kotak penalti Palestina dan bola mengarah ke bek Palestina Ibrahim Alfuqaha.

Sayang Ibrahim salah melakukan antisipasi lantaran sapuannya masuk ke gawang sendiri setelah melewati kepala kiper Palestina Mohamed Abushaqra.

Di babak kedua, Indonesia berhasil memperlebar keunggulan di menit ke-50 lewat tendangan jarak jauh Habi Abdilah.

Habil melepaskan tendangan lambung yang tampak seperti untuk mengumpan. Tetapi tembakannya justru mengalir lebih deras dan mengarah ke pojok gawang atas Palestina hingga masuk.

Gol Habil membawa Indonesia unggul 2-0 atas Palestina pada menit ke-50. Empat menit kemudian, Palestina sebenarnya nyaris memperkecil kedudukan lewat eksekusi penalti Mohammed Zoghayyer.

Tendangan pertama Zoghayyer sebelumnya membentur mistar gawang dan memantul ke depan gawang tanpa tersentuh kiper Indonesia.

Zoghayyer kemudian mampu melakukan bola rebound untuk meneruskan bola dan sukses menjebol gawang Indonesia. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena regulasi baru menyatakan penendang penalti tak boleh meneruskan bola rebound yang tak tersentuh pemain lawan.

BACA JUGA :   Solusi Dua Negara Dinilai Mampu Meredam Konflik Palestina dan Israel

Pada menit ke-77, pemain pengganti Muhammad Gaoshirowi nyaris membukukan namanya di papan skor. Mendapat umpan terobosan di kotak penalti tapi sayang sontekan Gaoshirowi masih bisa diamankan kiper Palestina.

Palestina sebenarnya punya beberapa peluang berbahaya di area pertahanan Indonesia, namun tak satu pun berhasil jadi gol.

Kemenangan ini membawa Indonesia ke puncak klasemen Grup B menggeser posisi Malaysia. Skuad Garuda Asia kini mengemas sembilan poin atau unggul dua angka dari Malaysia yang berada di posisi kedua.

Sementara itu, Timnas Malaysia U-17 juga berhasil mengalahkan UEA 3-2 pada pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat (7/10) sore.

Malaysia berhasil unggul di babak pertama dengan skor 1-0 lewat gol yang dicetak Arami Wafiy pada menit ke-45+1.

Hingga pertandingan berakhir Malaysia mampu mempertahankan keunggulannya. Di babak kedua pertandingan semakin seru karena Malaysia dan UEA masing-masing mampu menambah dua gol hingga membuat pertandingan berakhir 3-2.

Malaysia mampu menambah dua gol lewat Anjasmirza pada menit ke-51 dan Faris Danish di menit ke-90+3.

Sementara UEA U-17 mampu mencetak dua gol lewat Saeed Amer Mohammad pada menit ke-76 dan Abdulaziz Mohamed Almarzooqi di menit ke-84.

Kemenangan ini sekaligus membuka peluang Malaysia untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Selanjutnya Malaysia akan menghadapi Indonesia pada laga pamungkas Grup B, Minggu (9/10). Duel ini sekaligus penentu juara grup untuk memastikan satu tiket otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Susunan Pemain Palestina vs Indonesia

Palestina U-17 XI: Mohammed Abushaqra; Mohamad Nouri, Ibrahim Alfuqaha, Mohammed Zoghayyer, Baraa Rabei, Husam Alshaer; Mohammed Manassra, Tareq Awawda, Mahmoud Radi, Ahmed Hawamda; Ahmed Sulaiman.

BACA JUGA :   Teken Kesepakatan dengan Oposisi, Parlemen Malaysia Tak Akan Dibubarkan Hingga Akhir Juli 2022

Timnas Indonesia U-17: Andrika Fathir Rachman; Muhammad Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah, Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky Pramana; M Hanif Ramadhan, M Kafiatur, M Riski Afrisal, M Narendra Tegar, Jehan Pahlevi; Arkhan Kaka.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan