Tingkatkan Layanan, RSUD Ir. Soekarno Brebes Bakal Ganti Nama Jadi BLUD

ABOUTSEMARANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir. Soekarno Brebes bakal berubah nama menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Adapun perubahan nama RSUD yang berlokasi di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes itu dilakukan untuk peningkatkan layanan rumah sakit yang lebih fleksibel terutama pada pengelolaan keuangan sehingga kebutuhan layanan rumah sakit dapat ditangani secara mandiri.

Direktur RSUD Ir. Soekarno Brebes, dr. Ali Budiarto, mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi rumah sakit BLUD.

“Persyaratan untuk menjadi rumah sakit BLUD, ada beberapa syarat yang harus kami penuhi, yaitu soal laporan keuangan, aset, komitmen pelayanan dan lainnya. Alhamdulillah, kami pihak manajemen sudah memenuhi persyaratan tersebut,” kata Ali Budiarto usai menerima Tim Visitiasi persyaratan penetapan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) dilansir dari Arah Pantura, Selasa, 29 Agustus 2023.

Perubahan tersebut, lanjut Ali, merupakan buah hasil yang baik ini untuk kemajuan rumah sakit dalam melayani masyarakat.

Ali juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim visitasi dan juga staf dan karyawan atas kerja keras dan dedikasinya.

Menurutnya, dari visitasi tersebut disimpulkan bahwa rumah sakit tersebut telah layak dijadikan sebagai BLUD.

Jika sudah ditetapkan sebagai BLUD, maka rumah sakit bisa mencari dokter spesialis non PNS yang dibayar dari tata kelola keuangan rumah sakit.

“Ketika dibahas masalah kekurangan sarpras untuk bisa melakukan kerja sama dengan BPJS, di antaranya kelengkapan alat ICU / NICU / Perinatologi dan kelengkapan dokter spesialis, dengan ditetapkannya RSUD sebagai BLUD maka rumah sakit bisa mencari dokter spesialis non PNS yang di bayar dari tata kelola rumah sakit. Kelengkapan dokter spesialis ini menjadi persyaratan untuk kerjasama dengan BPJS,” jelas Ali Budiarto.

BACA JUGA :   Wow! 4 Kabupaten ini Penghasil Janda Muda Terbanyak di Jawa Tengah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistiowati menjelaskan, setelah ditetapkan sebagai BLUD, dalam program pelayanan kepada masyarakat harus dapat ditingkatkan.

Terutama, kata Ineke, terkait pemenuhan pra syarat menjalin kerjasama atau MoU dengan BPJS agar segera bisa melayani masyarakat di wilayah Brebes tengah dan sekitarnya.

Untuk saat itu RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan tinggal menunggu SK penetapan BLUD.

“Setelah ini nanti tinggal melengkapi persyaratan untuk kerjasama dengan BPJS, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” pungkasnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan