Tingkatkan Layanan, Trans Semarang Tambah 8 Armada Feeder

ABOUTSEMARANG – Tingginya peminat pengguna jasa transportasi umum khususnya Trans Semarang, Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang saat ini menambah armada untuk melancarkan operasional Trans Semarang.

Kepala UPTD BLU Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengatakan saat ini pihaknya menambah delapan unit armada feeder. Armada tersebut untuk memenuhi kebutuhan di Feeder 3 yakni rute Pasar Banyumanik – Terminal Penggaron.

Hendrix mengatakan penambahan armada ini sudah melalui kajian dan evaluasi yang merupakan masukan dan permintaan masyarakat akan tingginya kebutuhan armada Trans Semarang.

“Setelah melalui kajian, dan merespon masyarakat, Pemkot Semarang menambah delapan unit armada untuk rute Feeder 3,” kata Hendrix, Rabu (11/1).

Feeder 3 ini melayani rute untuk keberangkatan dari Pasar Banyumanik dan Terminal Penggaron. Hendrix menyebut rute ini melalui berbagai perumahan di Banyumanik, Tembalang dan Kawasan Sigar Bencah.

Hingga saat ini, lanjut Hendrix, sudah ada 20 armada yang dimiliki Feeder 3. Harapannya dengan adanya penambahan unit ini, kedepan layanan penumpang Trans Semarang bisa terakomodir sehingga jumlah penumpang Trans Semarang bisa terus meningkat.

“Dengan penambahan armada ini maka waktu tunggu armada bisa dipangkas. Sebelumnya jeda satu armada sekitar 15 menit, saat ini menjadi 6 sampai 10 menit,” bebernya.

Sementara untuk tarif, Hendrix menyebut masih sama seperti tahun sebelumnya yakni Rp 3.500 untuk pembayaran non tunai dan Rp 4.000 untuk pembayaran tunai. Sedangkan untuk tarif pelajar, lansia dan veteran yakni Rp 1.000. Hendrix berharap dengan tarif murah dan segala inovasi dari segi keamanan dan kenyamanan yang diberikan, masyarakat bisa beralih menggunakan angkutan umum agar bisa mengurangi emisi gas buang.

BACA JUGA :   Dishub Kota Semarang Kaji Ulang 4 Rute Feeder Trans Semarang

“Kalau rata-rata penumpang harian mencapai 35 sampai 40 ribu, saat pandemi kemarin karena ada pembatasan diangka 16 ribu penumpang,” tuturnya.

Hendrix menyampaikan tahun ini Trans Semarang juga melakukan inovasi dalam segi keamanan yakni dengan menambah kamera CCTV dan announcement atau pengumuman, di armada koridor 1 dan 5.

“Saat ini masih kita lakukan uji coba, sebagai bentuk pengawasan kami terhadap crew bus dan keamanan penumpang. Tahun ini juga kita targetkan semua koridor bisa dipasangi CCTV,” tandasnya. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan