Tips Atasi Badmood dan Kondisi yang Menyertai

Aboutsemarang.Id,- Munculnya bad mood atau suasana hati yang sedang berantakan dapat menganggu aktivitas sehari-hari bahkan interaksi antar sesama

Seperti yang kita tahu, kehadirannya tak pernah pandang bulu. Baik tua maupun muda pernah merasakan suasana hati satu ini

Apalagi badmood dan kondisi yang menyertai seperti gampang marah, gampang iri, pencemburu, dll adalah perilaku yang muncul karena disebabkan oleh inner child

Apa itu inner child?

Menurut Lisa seorang psikolog dalam channelnya analisa channel, yang dilansir oleh aboutsemarang pada 12 Mei 2021, menjelaskan bahwa inner child muncul ketika seseorang tidak menyadari adanya luka batin yang tersembunyi di masa kecil dan terbawa sampai dewasa

Bahkan termasuk ketika seseorang mengharapkan tuntutan pada pasangannya seperti harus selalu memperhatikannya, ingin selalu dimanja, semua itu bisa jadi adalah sebuah refleksi dari kebutuhan dimasa kecil yang tidak terpenuhi kebutuhannya

Adapun orang yang dituntut ini akan menjadi displacement person, dimana seringkali kita meletakkan situasi serupa pada orang yang berbeda

Lalu bagaimana cara mengatasi inner child?

Lisa mengatakan, mindfulness adalah salah satu cara untuk merangkul inner child

Jika kamu tak mengerti mindfulness, singkatnya adalah kita harus menyadari secara penuh bahwa inner child itu ada

Tak hanya itu, Lisa juga memberikan tips bagaimana menyikapi inner child :

1. Menyadari adanya inner child
Pada dasarnya semua orang mempunyai inner child. Kita harus sadari itu, agar nantinya kita dapat mengajak komunikasi sosok kecil yang ada pada diri kita

2. Ajak komunikasi

Berkomunikasi dengan diri sendiri ternyata perlu lho.. komunikasi ini juga biasa disebut sebagai meditasi diri

Apabila kamu tidak bisa melakukannya seorang diri, maka kamu bisa melalui ahli yang dapat membantu kamu bermeditasi diri untuk mengetahui inner child kamu

3. Meditasi
Lisa juga mengajarkan bagaimana bermeditasi untuk menyadari sosok kecil yang ada pada diri manusia.

Menurut Lisa kita bisa memulainya dengan mengatur nafas menggunakan teknik 4-7-8.

Artinya, kamu harus menarik nafas sebanyak 4 hitungan dan tahan selama 7 detik, lalu hembuskan dalam 8 hitungan

Kemudian mulailah fokus dan coba hadirkan emosi masa kecil dan berdamailah

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan