Tok! Argentina Resmi Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

ABOUTSEMARANG – Pasca Indonesia dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kini Argentina resmi ditunjuk untuk menjadi tuan rumah gelaran sepakbola dunia itu.

Melansir dari situs resmi FIFA, Badan Sepakbola Dunia itu menyebut Argentina dipilih usai Indonesia dicopot status tuan rumahnya.

“FIFA dengan senang hati mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina, karena kandang juara dunia membuka pintunya bagi superstar sepakbola dunia masa depan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

Dalam keterangannya pula, Gianni mengucapkan rasa terima kasih kepada Argentina karena mau menjadi tuan rumah dengan persiapan singkat.

“Saya ingin berterima kasih kepada AFA (Federasi Sepakbola Argentina) dan khususnya Presidennya Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu sesingkat itu,” ujarnya.

Selain itu, Gianni juga menyebut bahwa Piala Dunia U-20 memiliki peranan kunci dalam mempromosikan sepakbola pemuda di seluruh dunia.

“Piala Dunia U-20 memainkan peran kunci dalam upaya FIFA mempromosikan sepakbola pemuda di seluruh dunia. Sejak 1977, turnamen ini menampilkan beberapa pemain terhebat dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, dan banyak lainnya,” ungkapnya.

“Memiliki edisi tahun ini yang berlangsung di negara yang hidup dan bernafas dengan sepakbola akan menjadi inspirasi yang luar biasa bagi bintang-bintang masa depan,” imbuh Gianni.

Dengan terpilihnya Argentina, Piala Dunia U-20 2023 tetap digelar sesuai jadwal, yakni 20 Mei sampai 11 Juni mendatang.

BACA JUGA :   Jelang Laga FIFA Match Day, Timnas Argentina Telah Tiba di Indonesia

Sementara drawing fase grup akan digelar pada 21 April mendatang di markas FIFA di Zurich, Swiss.

Argentina memang bergerak usai Indonesia dicopot status ruan rumahnya menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Gerak cepat federasinya, plus sokongan pemerintah, membuat perhelatan menemui tuan rumah barunya.

Sebelumnya, Indonesia justru batal menyelenggarakannya. FIFA mencopot status tuan rumah usai terjadi gejolak di Tanah Air, yang dipicu penolakan keberadaan Timnas Israel bermain di Indonesia.

Selain dicopot status host, Indonesia juga dikenai sanksi FIFA yakni tidak mendapat dana bantuan pengembangan sepakbola FIFA Forward.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan