Tok! Pemerintah dan Polri Izinkan BRI Liga 1 Musim Ini Dilanjutkan

ABOUTSEMARANG – Pemerintah dan Polri resmi mengizinkan BRI Liga 1 2022/2023 untuk dilanjutkan secara bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun dalam pertandingan Liga 1 musim ini harus digelar tanpa penonton.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menko Polhukam, Mahfud MD bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menggelar konferensi pers terkait kelanjutan Liga 1 pada Senin (5/12) sore WIB.

“Pemerintah pernah mengumumkan kegiatan sepak bola (dihentikan) sampai jelas.”

“Sekarang pemerintah mengumumkan liga itu akan diselesaikan jadwal yang sudah ditentukan, dan PSSI akan mengendalikan ini, pak Kapolri sudah menjamin segi keamanan, penyelesaian sepak bola, itu diizinkan tanpa ada penonton,” sambung Mahfud MD.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyebut bahwa kepolisian mendukung kompetisi sepak bola Indonesia.

“Polri Sangat mendukung kompetisi, kegiatan olahraga terkait dengan adanya peristiwa Kanjuruhan, ada perintah dari pak presiden evaluasi secara tuntas, kesiapan stadium, sistem kemanan, kami melakukan rakor dengan kementerian terkait untuk melakukan perubahan sesuai dengan pak presiden, termasuk khusus Polri, telah mengeluarkan perpol, pengamanan olahraga,” kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menetapkan lanjutan kompetisi digelar menggunakan sistem bubble selama putaran pertama yang ditargetkan rampung pada akhir Desember 2022.

Dengan terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta, terdapat lima stadion yang nantinya dipakai.

Tempat yang dimaksud, Stadion Manahan (Solo), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

BACA JUGA :   Hadapi Putaran Kedua, PSIS Tambah Aldhila Ray Redondo sebagai Kiper

Berdasarkan jadwal pada Senin (5 Desember 2022), terdapat empat pertandingan yang mulai dimainkan.

Yaitu Bhayangkara FC vs PSS Sleman (pukul 15.30 WIB), Madura United vs PSIS Semarang (15.30 WIB), PSM Makassar vs Persikabo 1973 (15.30 WIB), dan Persita Tangerang vs Bali United (18.30 WIB).

Sementara untuk putaran kedua direncanakan kembali memakai format home-away.

Liga 1 sendiri saat itu dihentikan imbas Tragedi Kanjuruhan seusai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Peristiwa tersebut merenggut 135 jiwa meninggal dunia.

Sebelumnya juga beredar draft jadwal BRI Liga 1 2022-2023 yang dikabarkan akan berlanjut pada 5 Desember 2022. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan