Tok! Sidang Isbat Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H pada Kamis 23 Maret 2023

ABOUTSEMARANG – Kementerian Agama (Kemenag) telah melaksanakan sidang isbat dan menetapkan awal puasa Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis (23/3).

“Kita bersepakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 23 Maret 2023” kata Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (22/3).

Sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadhan 1444 H dilakukan pada Rabu (22/3) pukul 18.15 WIB, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag Jakarta.

Yaqut menerangkan hasil pemantauan hilal atau bulan sabit di 124 titik telah mencapai ketinggian 7 derajat usai terbenamnya Matahari pada sekitar pukul 18.02 WIB di DKI Jakarta.

Sidang penentuan awal Ramadan ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi , Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

Sebelumnya, Kemenag telah menggelar seminar posisi pemantauan hilal untuk menentukan tanggal 1 Ramadan 1444 Hijriah. Pemaparan posisi hilal dilakukan oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Asadurrahman.

Pemaparan posisi hilal dimulai pukul 17.04 WIB di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/3).

Tampak hadir langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi.

Selain itu, hadir pula Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhammadiyah, ormas-ormas Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan lain-lain.

Pemantauan hilal dilakukan di 124 titik lokasi di seluruh Indonesia menggunakan metode rukyat.

BACA JUGA :   Simak! Bacaan Doa Sambut Datangnya Bulan Ramadhan 2024, Lengkap dengan Terjemah Indonesia

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan