Tok! Sidang Isbat Kemenag Tetapkan Idul Adha Jatuh pada Minggu 10 Juli 2022

ABOUTSEMARANG – Kementerian Agama (Kemenag) telah melaksanakan sidang isbat dan menetapkan Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (10/7).

Sidang Isbat penentuan 1 Zulhijah dan Hari Raya Idul Adha 2022 telah dilakukan pada Rabu (29/6) pukul 18.15 WIB.

Penentuan awal bulan Zulhijah 1443 H dipimpin langsung Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi. Sidang isbat menghasilkan ketetapan bahwa hilal tidak terpantau di sejumlah wilayah pemantauan.

“Dari 86 titik belum ada yang melihat hilal. Oleh karenanya,berdasarkan hisab belum memenuhi kriteria, dan laporan hilal belum terlihat, bahwa 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli 2022,” ujar Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi dalam konferensi pers sidang isbat yang digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag RI, Rabu (29/6).

Pemantau hilal berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

Dalam paparan tim sebelumnya, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Thomas Djamaluddin memaparkan bahwa posisi hilal awal bulan Zulhijah 1443 secara umum kurang dari 3 derajat dan elongasinya kurang dari 6,4 derajat. Kondisi hilal seperti ini dinilai tidak memenuhi kriteria masuknya bulan Zulhijah.

“Dengan gunakan kriteria MABIMS, wilayah Indonesia dan Asia Tenggara belum memenuhi kriteria. Tinggi bulannya itu masih kurang 3 derajat. Dan dari data elongasi itu pun elongasi ya baru sekitar 5 derajat kurang,” kata Thomas saat seminar posisi hilal.

Kemenag tahun ini menggunakan kriteria MABIMS atau Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura dalam menentukan kriteria hilal. Kriteria itu yakni tinggi bulan minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

BACA JUGA :   Jelang Idul Adha, Warga Binaan Lapas Semarang Putuskan Jadi Mualaf Setelah Dapat Hidayah

Tahapan sidang isbat

Seperti diketahui, sidang isbat dilakukan dalam tiga tahap, yakni:

Tahap pertama

Sesi ini dimulai pukul 17.00 WIB. Dilakukan pemaparan posisi hilal Awal Zulhijjah 1443 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag Thomas Djamaluddin.

Tahap kedua

Sesi kedua sidang Isbat yang dimulai setelah Maghrib dan dipimpin oleh Menag.

Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

Tahap ketiga

Sesi ketiga, akan diumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi oleh Menteri Agama.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan