Tolak PHK Sepihak, Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Kantor Disnaker Semarang

ABOUTSEMARANG – Ratusan buruh turun ke jalan dan datangi Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang.

Adapun ratusan buruh tersebut tergabung dalam Persatuan Buruh Jawa Tengah (Jateng) yang berdemo untuk mendukung perjuangan buruh di salah satu perusahaan di Semarang soal ancaman PHK sepihak

“Jadi per tanggal Juli tidak diupah, dirumahkan hampir 500 orang, antara 400 lebih sampai 500 per Juli dihentikan jaminan sosial baik BPJS Ketenagakerjaan atau Kesehatan,” kata Ketua Umum FSP KEP Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Sunandar dikutip About Semarang, Kamis, 7 Juli 2022.

Sementara itu, pada hari ini, buruh salah satu perusahaan itu juga diagendakan beraudiensi dengan pihak Disnaker. Mereka menginginkan pemerintah berperan dalam permasalahan yang menimpa buruh.

“Peran negara dan peran kadisnaker, dengan segala kewenangannya sesuai mekanisme harus memberikan sebuah penekanan dan pemahaman kepada pengusaha agar menyelesaikan segala sesuatu tentang hak buruh,” ujarnya.

Sedangkan, hal ini disebut bukan yang pertama terjadi di Kota Semarang. Ratusan buruh lain, juga pernah mengalami nasib yang sama.

“Jadi kalau melihat cara-cara yang dilakukan perusahaan ini jelas, indikasi pelanggarannya sangat jelas. Karena kita memandang dalam persoalan hukum, untuk menentukan PHK harus mekanisme hukum,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Disnaker Kota Semarang Sutrisno usai menemui para buruh mengatakan akan berusaha membawa aspirasi para buruh.

Namun, soal indikasi pelanggaran dan pengawasan hal itu disebut merupakan kewenangan provinsi.

“Nanti yang ngomong (soal pelanggaran) Disnaker Provinsi, karena provinsi lah yang di pengawasannya nanti yang menentukan apakah itu melanggar atau tidak melanggar,” kata Sutrisno.***

Sharing:

BACA JUGA :   Heboh! 4 Terduga Pelaku Pengeroyok Ade Armando Beredar di Media Sosial

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan