Transaksi Mata Uang Kripto Aman dengan Tokocrypto, Bitcoin Tetap Paling Populer

ABOUTSEMARANG Bitcoin (BTC) menjadi salah satu istilah yang tidak asing lagi di dunia bursa kripto.

Adapun bitcoin ini sendiri merupakan cryptocurrency atau biasa dikenal sebagai mata uang kripto pertama sekaligus yang paling populer.

Diketahui, penemuan bitcoin mengikuti gagasan yang telah ditetapkan dalam kertas putih oleh Satoshi Nakamoto (nama alias).

Perlu diketahui pula, bitcoin sendiri menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional.

Hal ini yang membuat mata uang ini berbeda dari mata uang yang dikeluarkan oleh bank sentral. Selain itu, bitcoin juga diketahui dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi.

Lantas bagaimana menjaga mata uang ini tetap aman?

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency. Hal ini lantaran mata uang ini menggunakan kriptografi agar tetap aman.

Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi).

Bitcoin yang merupakan mata uang digital ini juga tidak menjadi alat pembayaran sah di sebagian besar negara di dunia. Namun, bitcoin sangat populer hingga memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya.

Bahkan bitcoin dianggap sebagai salah satu aset berharga. Pasalnya orang-orang bersedia menukarnya dengan barang atau jasa nyata, dan bahkan rela menukarnya dengan uang tunai.

Cara Kerja Bitcoin

Seperti diketahui, setiap keping bitcoin pada dasarnya merupakan file komputer yang disimpan dalam aplikasi dompet digital.

Maka, proses transaksi yang dilakukan oleh para pemilik bitcoin yaitu dengan cara mengirimkan baik satu atau sebagian uang digital tersebut melalui dompet digital.

BACA JUGA :   Pria Mabuk Nekat Bacok Warga Saat Transaksi ATM di Semarang

Nantinya, setiap transaksi bitcoin yang berhasil dilakukan akan dicatat dalam daftar public yang biasa disebut blockchain.

Hal ini memungkinkan pelacakan riwayat bitcoin, sehingga mencegah seseorang membelanjakan koin yang tidak mereka miliki, membuat salinan (copy) bitcoin, atau membatalkan transaksi.

Berikut ini cara utama yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan bitcoin:

  • Membeli bitcoin menggunakan uang ‘nyata’
  • Menjual barang dan menerima pembayaran dengan Bitcoin
  • Menambang bitcoin dengan menggunakan komputer

Nilai Kapitalisasi dan Harga Bitcoin

Saat ini, nilai kapitalisasi pasar bitcoin (BTC) telah bertambah U$D 194 miliar atau sekitar Rp 2.980 triliun (asumsi kurs Rp 15.363 per dolar Amerika Serikat) pada tahun 2023.

Lantas untuk saat ini 1 bitcoin berapa rupiah?

Berdasarkan penelusuran About Semarang dari laman Tokocrypto, Kamis, 27 April 2023, 1 keping bitcoin setara dengan Rp 429.319.708. Bitcoin menunjukkan penguatan sebesar 1,49 persen per pukul 11.09 WIB

3 Rekomendasi Bursa Kripto yang Legal di Indonesia

Berikut ini daftar bursa kripto legal di Indonesia yang sudah terdaftar di BAPPEBTI:

  1. Tokocrypto

Tampilan website Tokorypto/website tokocrypto.com

Tokocrypto adalah cryptocurrency exchange asal Indonesia untuk jual beli bitcoin dan mata uang kripto lainnya menggunakan mata uang Rupiah.

Tokocrypto terbaik adalah perusahaan Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019.

Platform trading kripto terbaik ini berdiri sejak tahun 2017 dan telah menjadi bagian dari keluarga besar Binance setelah memperoleh pendanaan langsung dari perusahaan tersebut.

Seperti diketahui, Binance adalah broker crypto terbaik di dunia menurut Coinmarketcap.

Tokocrypto Indonesia dapat diakses lewat website dan aplikasi smartphone. Jadi, bagi Anda yang memiliki Android atau Iphone bisa dengan mudah mengakses platform cryptocurrency ini.

BACA JUGA :   Resmi Jalin Kerja Sama dengan Acer, Kemenag Aceh Akan Buat Platform Jelajah Ilmu

Keamanan Tokocrypto

Perusahaan crypto terbaik di indonesia ini telah mengaplikasikan Autentikasi Multi-Faktor (2FA).

2FA adalah sistem keamanan yang menggabungkan verifikasi kode lewat email, SMS, dan kode Google Authenticator.

Broker kripto BAPPEBTI ini juga menggunakan Binance Cloud agar pengguna dapat bertransaksi dengan aman dan mendapatkan harga terbaik pada waktu terbaik.

  1. Triv

Tampilan website Triv/website triv.co.id

Triv adalah platform jual beli Bitcoin dan aset kripto lainnya yang dapat diakses lewat website dan aplikasi mobile. Aplikasi Triv dapat diunduh lewat Google Playstore dan Apple store.

Cryptocurrency exchange ini terdaftar dengan nama PT. Tiga Inti Utama dengan nomor AHU-2451049. Perusahaan ini juga telah terdaftar resmi dan diawasi oleh BAPPEBTI dan KOMINFO.

Selain itu, Triv Indonesia juga menyediakan fitur bayar tagihan, seperti listrik, internet, dan beli pulsa.

Keamanan Triv Indonesia

Jangan khawatir ketika berinvestasi di Triv co id karena telah dijamin aman.

Bukti keamanan tersebut telah dijamin langsung oleh BAPPEBTI sebagai pengawas seluruh jalannya transaksi pembelian serta penjualan mata uang kripto dan aset digital lainnya.

Selain itu, Triv aman karena telah menggunakan teknologi multi-signature dan cold storage disebar secara offline. Tujuannya adalah sebagai pengawas setiap transaksi apapun dari customer agar berjalan aman terus menerus.

Tidak ketinggalan, perusahaan ini juga dijamin langsung oleh Kominfo yang telah menjadi salah satu platform pengawas dunia digital investasi. Koin kripto akan terjamin aman dari segala kejahatan apapun karena aset juga diawasi.

  1. Rekeningku

Tampilan website Rekeningku/website rekeningku.com

RekeningKu adalah platform cryptocurrency Indonesia untuk jual beli Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Platform ini dapat diakses lewat website dan juga memiliki aplikasi mobile yang bisa diakses lewat Google Playstore and App Store.

BACA JUGA :   Hadirkan Roughneck 1991, ZALORA Perluas Pilihan Brand Lokal

Sejak tahun 2017, perusahaan yang terdaftar sebagai PT Rekeningku Dotcom telah beroperasi di Jakarta.

Sementara itu, platform ini terjamin dari segi keamanan karena telah resmi terdaftar sebagai calon pedagang fisik aset kripto di KOMINFO dan BAPPEBTI dengan nomor 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020.

Keamanan Rekeningku

Dari segi keamanan, broker trading crypto telah menerapkan autentikasi multi faktor (2FA) sehingga pengguna bisa verifikasi data sebanyak 2 kali.

Itu tadi informasi rekomendasi bursa kripto yang legal di Indonesia berdasarkan BAPPEBTI. Semoga bermanfaat.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan