Tren Kuliner 2022 : Makanan Sehat Bakal Jadi Primadona

ABOUTSEMARANG – Sudah sepuluh hari kita menjalani tahun 2022 di situasi pandemi yang masih belum stabil. Kondisi ini sangat berdampak bagi masyarakat terutama para pebisnis kuliner.

Pandemi juga merubah kecenderungan kita dalam memilih makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan ditetapkankannya protokol kesehatan, masyarakat pun semakin sadar harus menjaga kesehatan lewat pilihan makanan.

Menu praktis kaya gizi kini sedang jadi perbincangan. Termasuk hidangan yang dibuat dengan sangat mempertimbangkan kondisi lingkungan.

Chef Rinrin Marinka mengatakan menurutnya, makanan tren yang muncul di 2022 masih akan dipengaruhi oleh budaya pop. Hanya saja orang masih betah di dapur untuk mengkreasi makanannya sendiri di 2022 mendatang.

Baca Juga : Simak! 6 Manfaat Konsumsi Susu Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Jadi ASI Booster Alami, Bonus Resep

“Menurut aku sih ya karena kan masih pandemi juga jadi orang juga akan lebih prepare di dapur, masak sendiri. Jadi 2022 menurut aku masih home cooking,” katanya, dalam acara Diskusi Virtual ‘Kitchen Cabinet: What’s Trending in 2021’, Kamis (9/12/2021).

Hanya saja menurut dia akan muncul juga makanan sehat yang menjadi tren di tahun depan. Ini bisa jadi karena orang akan lebih peduli dengan isu kesehatan sebab pandemi Covid-19 juga belum berakhir.

“Kaya makanan plant based gitu sepertinya akan lebih happening ya, kaya salad wrap, atau cookie sehat,” katanya.

Ditambahkan dia, beberapa hal yang bisa membuat makanan menjadi viral akhir-akhir ini memang merujuk pada kesehatan. Orang lebih menyukai makanan yang higienis, praktis dan easy to use.

“Yang higienis akan dicari banget. Dan gurih sih pasti. Kita tuh senang sama yang sensasi gurih,” kata dia soal tren kuliner 2022.

Selain itu Food Reviewer Magdalena juga mengatakan, tren makanan 2022 yang digemari masyarakat Indonesia tak akan terlalu berbeda dengan tahun ini. Makanan viral kemungkinan besar masih dipengaruhi oleh budaya pop, seperti makanan-makanan yang banyak muncul di drama korea atau serial dari negara lainnya.

“Jadi bagus sih, karena banyak lintas budaya, kita jadi tahu makanan enak dari negara-negara lain. Jadi ya trennya sama masih ada pengaruh pop culture,” ungkapnya.

Lalu bagaimana tren kuliner pada 2022?

Dirangkum dari MSNBC dan Health US News (10/1/2022), inilah 7 tren makanan sehat di tahun 2022:

1. Makan daging sesekali

Perdebatan soal pola makan vegan dan nonvegan seolah tak ada habisnya. Banyak yang mengunggulkan manfaat sehat dari konsumsi makanan nabati saja, namun tak sedikit juga yang mengkritik efek buruk pola makan vegan. Di tahun 2022, kabarnya orang-orang akan menjalani pola makan di antara keduanya.

Mereka yang tadinya vegan diprediksi bakal kembali mengonsumsi daging sesekali untuk menyeimbangkan asupan nutrisi. Pasalnya ada beberapa nutrisi penting yang hanya terdapat pada makanan hewani. Pola makan flexitarian pun digadang-gadang bakal banyak dijalani pelaku hidup sehat.

2. Penggunaan jamur kian banyak

Seiring populernya pola makan sehat dalam beberapa tahun terakhir, jamurpun semakin digemari. Jamur dianggap sebagai alternatif sempurna untuk daging berbahan nabati. Jamur memiliki tekstur dan rasa mirip daging.

Semakin banyak chef yang berkreasi dengan jamur di tahun ini, misalnya mengganti patty burger dengan jamur portobello panggang yang tak kalah juicy. Cita rasa umami alias gurih pada jamur juga jadi alasan lain tumbuhan ini begitu digemari.

3. Cita rasa Asia semakin digemari

Kemajuan zaman membuat batas antarnegara seolah tak lagi ada. Informasi terkait budaya kuliner sebuah negara juga bisa diserap dan diadaptasi dengan cepat oleh penduduk di negara lain. Hal ini kian terlihat di tahun 2022.

Makanan dan rempah dari Asia Selatan dan Asia Tenggara diperkirakan bakal semakin populer. Penggunaan beras jasmine, bawang putih, jahe, cabai, bawang, hingga tahu dan tempe bakal semakin umum. Pun dengan teknik masak seperti rebus, kukus, dan tumis yang dinilai lebih sehat.

4. Makanan penambah imunitas

Tahun 2022 masih tahun pandemi Covid-19 mengingat kasus penyebaran virus ini masih masif. Orang-orangpun diprediksi bakal terus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang tepat, salah satunya makanan penambah imunitas.

Makanan ini berbentuk makanan utuh dan sifatnya alami. Beberapa yang jadi incaran adalah ragam buah berry, makanan fermentasi, aneka rempah, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah citrus, hingga sayuran seperti brokoli dan kubis. ***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan