TV Analog di Jabodetabek Resmi Dimatikan Hari Ini

ABOUTSEMARANG – Perpindahan TV analog ke TV digital mulai diberlakukan secara bertahap mulai hari ini. Penduduk di wilayah yang sudah melalui proses analog switch off (ASO) harus pindah menonton siaran TV digital.

Mulai tengah malam nanti masyarakat Jabodetabek menjadi wilayah pertama yang tidak akan mendapatkan lagi siaran televisi analog. Area lainnya akan menyusul secara bertahap sesuai dengan realisasi distribusi set-top-box ke penduduk miskin.

Sesuai Undang-Undang no. 11/2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah wajib mulai mengalihkan siaran televisi di wilayah NKRI dari sistem analog ke sistem digital pada 2 November 2022.

Dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu, Menteri Kominfo Johnny Plate memastikan Analog Switch Off (ASO) wilayah tersebut akan dilakukan pada hari ini 2 November 2022.

“Wilayah Jabodetabek Analog Switch Off (ASO) 2 November telah dibicarakan bersama-sama disepakati antara pemerintah Kominfo dengan ATVSI dan seluruh anggota ATVSI, perusahaan TV penyelenggara multipleks. Akan dilakukan secara masif sosialisasi dan pembagian Set-Top-Box (STB) secara merata,” jelas Johnny dalam konferensi pers Perubahan TV Analog ke TV Digital, Senin (24/10).

Johnny mengingatkan bagi masyarakat kelas menengah yang masih memiliki TV tabung untuk segera memasang set-top-box (STB). Dengan begitu bisa menikmati siaran televisi digital saat peralihan telah dilakukan.

Nantinya siaran digital akan membuat lebih jernih dan kanal lebih banyak. “Piala dunia bulan November, masyarakat kelas menengah diharapkan telah menyediakan STV sehingga bisa menonton Piala Dunia siaran di TV digital. Masyarakat miskin di daerah ASO bisa menonton Piala Dunia dengan baik karena distribusikan STB,” kata Johnny.

BACA JUGA :   30 April Siaran TV Analog Resmi Dihentikan, Begini Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB

Khusus bagi masyarakat miskin, pemerintah dan penyelenggara multipleksing memberikan STB secara gratis. Dalam siaran press di laman Komingo menyebutkan secara nasional per 31 Oktober telah terdistribusi 1.055.360 unit STB dan di Jabodetabek sebanyak 473.308 unit STB (98%) dari target 479.307 unit STB, sebanyak 60.791 RTM tidak memenuhi kriteria/ gagal serah.

Pemerintah juga menyediakan Posko Respon Cepat Penanganan bantuan STB di Jabodetabek. Posko ini tersedia pada 2-4 November 2022 dari jam 08:00-19:00 WIB. Berikut lokasinya:

1. Provinsi DKI Jakarta : The Akmani Hotel
2. Kota Depok : Hotel Bumi Wiyata
3. Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi : Hotem Amaroossa Grande
4. Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang : Hotel Novotel
5. Kota Tangerang Selatan : Grand Zuri BSD City
6. Kota Bogor, Kabupaten Bogor : Hotel Salak The Heritage

(***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan