Uang Tabungan Rp 100 Juta Milik Warga Jepara Raib Usai Klik Link Aplikasi Kurir Palsu

ABOUTSEMARANG – Seorang warga Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara kehilangan uang tabungannya usai membuka pembaharuan aplikasi dari sebuah nomor WhatsApp yang mengaku kurir paket.

Diketahui warga bernama Sudarno itu kehilangan uang tabungannya yang mencapai Rp 100 juta.

Adapun kejadian tersebut bermula saat Sudarno, menerima pesan telephone WA dari nomor yang mengaku akan mengantar barang pesanan.

“Waktu telpon dan WA, orang itu ngomong kalau mau ngantar sepatu yang saya pesan. Kemudian saya diminta membuka file dokumen yang bilangnya nomor resi,” ujar Sudarno, Jumat, 2 Desember 2022.

Lantaran tidak merasa memesan barang, Sudarno mencoba menanyakan hal tersebut ke keluarganya.

“Saya sudah bilang (ke nomor WA yang menghubungi), tidak memesan apapun, tapi dia memaksa untuk membuka file itu,” tambah Sudarno.

Sudarno didorong penasaran me-klik file format Apk yang ada di pesan tersebut, dan juga melakukan update file.

“Setelah update itu, ada pemberitahuan dari EBanking Brimo, kalau ada penarikan uang sebesar Rp100 juta dari rekening bank lain atas nama Asep Ridwan. Kemudian saya langsung ke bank untuk melakukan pemblokiran,” kata Sudarno.

Atas kejadian tersebut, Sudarno langsung melapor ke Polres Jepara. KBO Reskrim Polres Jepara, Iptu Tarwidi mengatakan, dari laporan korban, pihaknya telah melakukan penyelidikan.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk berhati-hati. Karena saat ini modus penipuan sangat banyak. Jangan gampang percaya orang atau nomor asing yang menghubungi lewat telepon,” terang Iptu Tarwidi.***

Sharing:

BACA JUGA :   Ini Identitas Terduga Pelaku Arisan Online Salatiga, Ternyata Status Cerai Hidup

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan