Universitas Diponegoro Semarang Kukuhkan 42 Guru Besar

ABOUTSEMARANG – Untuk pertama kalinya dalam sejarah pengukuhan guru besar, Universitas Diponegoro mengukuhkan Guru Besar dengan jumlah terbanyak, yakni 42 (empat puluh dua) Guru Besar.

Acara prosesi pengukuhan Guru Besar akan berlangsung 2 (dua) tahap. Diawali prosesi pengukuhan 25 (dua puluh lima) Guru Besar yang diagendakan pada rentang waktu mulai 5 hingga 19 September 2023. Menyusul prosesi pengukuhan 17 (tujuh belas) Guru besar berikutnya.

Prosesi pengukuhan digelar di gedung Prof Soedarto, SH kampus UNDIP Tembalang. Dalam satu hari prosesi pengukuhan terbagi dalam 2 (dua) sesi yakni sesi pagi dan siang. Saat ini Universitas Diponegoro memiliki 195 (seratus sembilan puluh lima) guru besar aktif.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, mengungkapkan kebanggaan dan terima kasih kepada 42 (empat puluh dua) guru besar yang akan dikukuhkan.

“Terima kasih kepada para Guru Besar yang sudah bekerja keras dan menjalankan proses yang cukup panjang dan tidak mudah menuju Guru Besar. Upaya dan semangat juang Saudara menjadi inspirasi untuk lainnya,” ucap Prof Yos, Jumat (1/9).

Disampaikan pula usai pengukuhan 25 (dua puluh lima) guru besar di bulan September 2023 ini, menyusul sebanyak 17 (tujuh belas) Guru Besar yang siap dikukuhkan.

“Begitu pesatnya peningkatan jumlah guru besar di UNDIP membuktikan keberhasilan program yang dijalankan yakni program OPOC (One Profesor One Candidate). Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah Guru Besar sesuai Rencana Strategis Universitas Diponegoro Tahun 2020-2024, yakni meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dan profesional yakni salah satunya dengan meningkatkan jumlah profesor,”papar Prof Yos.

BACA JUGA :   Rayakan HUT ke-6, PAUD Permata Undip Beri Pendidikan Ini Untuk Siswa

Universitas Diponegoro merupakan 1 dari 10 Universitas diantara 4700 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam world class university ranks. Untuk itu, UNDIP terus meningkatkan kualitas pendidikan berkelas dengan didukung pengajar yang memiliki kompetensi dan profesional.

Sebanyak 42 (empat puluh dua) guru besar yang akan dikukuhkan, terdiri dari 5 gubes dari Fakultas Hukum; 3 gubes dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis; 15 gubes dari Fakultas Teknik; 3 gubes dari Fakultas Peternakan dan Pertanian; 1 gubes dari Fakultas Ilmu Budaya; 3 gubes dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; 4 gubes dari Fakultas Sains dan Matematika; 3 gubes dari Fakultas Kesehatan Masyarakat; dan 5 gubes dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan