Unnes Akan Terima 9.310 Mahasiswa Baru, Ini Kriteria Peserta yang Diterima

ABOUTSEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menerima 9.310 mahasiswa baru pada tahun akademik 2020-2021.

Mereka merupakan peserta yang telah lulus dalam tiga jalur penerimaan, yakni melalui tes Seleksi Mandiri (SM), SNMPTN, dan SBMPTN. Kegiatan tes SM Unnes, telah berlangsung secara online sejak 13 Juli hingga 21 Juli.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman mengaku bersyukur atas meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Unnes, sehingga jumlah pendaftar tahun ini mencapai 15.925 orang. Padahal, kuota untuk jalur SM hanya tersedia 3.030 orang.

“Kami berterima kasih kepada orang tua, guru, calon mahasiswa dan masyarakat, yang terus memberikan kepercayaan putra-putinya untuk menuntut ilmu di Unnes. Semoga, mereka menjadi generasi cerdas, penuh prestasi, dan berkarakter,” kata Fathur Rokhman, usai rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan SM secara daring melalui zoom meeting, dikutip Suara Merdeka, Sabtu (24/7).

Adapun Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes, Prof Dr Zaenuri, menyampaikan, ada 9.310 mahasiswa baru yang akan diterima tersebut 30 persen lulus tes melalui jalur SNMPTN, 40 persen lewat jalur SBMPTN, dan 30 persen dari SM.

“Peserta yang mengalami kendala saat tes dan membuat surat permohonan ujian susulan, telah difasilitasi pada sesi akhir di 21 Juli,” terang Prof Zaenuri.

Lebih lanjut, Ketua Panitia SM Unnes 2021, Dr dr Mahalul Azam menyampaikan, model tes SM berlangsung online dengan pengawasan ketat. Meskipun secara online dan dilaksanakan dari rumah masing-masing, pengawasannya tetap ketat. Setiap 15 peserta dipantau satu pengawas.

Peserta harus masuk melalui zoom meeting pada gawai atau HP, dengan memperlihatkan suasana ruangan tempat tes siswa. Mereka juga diminta menghidupkan kamera pada layar laptop, yang digunakan untuk tes. “Materi tes terdiri atas TPA dan Bahasa Inggris. Ada tiga sesi setiap harinya,” terang Dr Mahalul Azam.

Kepala UPT Humas Unnes Muhamad Burhanudin menyampaikan, untuk 69 Prodi S-1 Unnes akan menerima 9.185 mahasiswa, diploma (D-3) pada dua prodi 90 mahasiswa, dan kuota untuk profesi konselor 35 mahasiswa.

Adapun lima prodi favorit pilihan calon mahasiswa baru Unnes Tahun Akademik 2021, yakni Manajemen, Ilmu Hukum, Kesehatan Masyarakat, Psikologi, dan Teknik Informatika.

“Prodi favorit pilihan pertama dan kedua pada SM 2021 meliputi Manajemen 2.515 peminat dan Ilmu Hukum 2.177 peminat,” ujar dia. (red/sm)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan