Upah Minimum Bakal Naik di Tahun 2024, Ternyata Begini Cara Hitungnya

ABOUTSEMARANG – Kementerian Ketenagakerjaan menjamin upah minimum tahun 2024 mendatang akan naik.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang dirilis pada 10 November 2023.

Terkait kenaikan upah minimun itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan sebagai bentuk apresiasi kepada para pekerja/buruh.

“Kenaikan upah minimum ini adalah bentuk penghargaan kepada teman-teman pekerja/buruh yang telah memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi kita selama ini,” ujar Ida melalui keterangan resmi, Jumat (10/11/2023).

Ida menyampaikan bahwa kenaikan upah minimum berasal dari penerapan Formula Upah Minimum dalam PP Nomor 51 Tahun 2023.

Adapun formula itu mencakup tiga variabel yaitu Inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu (disimbolkan dalam bentuk α).

Lebih lanjut, pasal 26 ayat (4) PP itu memuat formula perhitungan upah minimum tahun depan, yakni upah minimum tahun berjalan ditambah nilai penyesuaian upah minimum tahun depan.

Sementara itu, dalam Pasal 26 ayat (5), nilai penyesuaian upah minimum tahun depan dihitung dengan menambahkan inflasi dengan hasil perkalian antara pertumbuhan ekonomi dikali indeks tertentu, kemudian dikalikan dengan upah minimum tahun berjalan.

PP Upah ini juga mewajibkan setiap kepala daerah untuk mengeluarkan besaran kenaikan upah baru maksimal pada 21 November 2023 dan itu akan berlaku pada Januari di tahun berikutnya.

“Penyesuaian Upah minimum provinsi pertama kali dilakukan oleh gubernur atau penjabat gubernur paling lambat tanggal 21 November tahun berikutnya,” bunyi Pasal 29 ayat (1) dalam aturan tersebut.

BACA JUGA :   Pemerintah Beri Bantuan Subsidi Upah Kepada 727.465 Pekerja di Jawa Tengah

Selain itu, jika 21 November 2023 bertepatan dengan hari libur atau tanggal merah maka upah minimum baru ini harus diumumkan selambat-lambatnya satu hari sebelumnya.

Nantinya, kenaikan upah yang telah ditetapkan setiap tanggal 21 November 2023 itu juga mulai berlaku di 1 Januari tahun berikutnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan