Upaya Tingkatkan Kualitas Sektor Pariwisata, PHRI Kendal Studi Banding ke Kota Cirebon

ABOUTSEMARANG – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Kendal berupaya meningkatkan kualitas dan pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata seperti yang dilakukan di Kota Cirebon.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) antara PHRI dan Pemerintah Kabupaten Kendal bersama sejumlah stakeholder pariwisata Kota Cirebon di Waterland Ade Irma Suryani Kota Cirebon, Senin (27/6).

Pada kesempatan itu, Ketua PHRI Kendal Cahyanto mengungkapkan jika pihaknya memilih Kota Cirebon karena memiliki kesamaan letak geografis dengan wilayah Kendal.

“Kota Cirebon berada di wilayah pantai utara jawa dan juga dilintasi jalan tol, letak geografisnya hampir sama (dengan Kendal) sehingga itu yang melatarbelakangi kunjungan kami,” ujar Cahyanto.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid menjelaskan jika pihaknya memfasilitasi para pelaku pariwisata khususnya PHRI untuk mengetahui konsep pengelola hotel dan restoran agar dapat meningkatkan kualitas.

“Kami tertarik dengan capaian PAD kota Cirebon yang mencapai Rp 80 miliar pertahun dari sektor pariwisata, itu memacu kami untuk belajar lebih jauh dengan para pelakunya,” ujar Ircham.

Hadir dalam kunjungan kerja ini, Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon Henry David, Ketua Harian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon Ismayasari, Ketua PHRI Kota Cirebon Imam Reza Hakiki dan sejumlah anggota asosiasi kepariwisataan.

Sementara itu, Ketua Harian Kadin Kota Cirebon menyambut baik kegiatan tersebut untuk menjalin sinergitas.

“Misi Kadin dalam rangka mewujudkan Kota Cirebon sebagai Kota Perdagangan dan Jasa terbesar di wilayah Pantura, sehingga perlu adanya sinergitas dengan stakeholder dan juga pemangku kepentingan wilayah lainnya agar mengetahui potensi-potensi yang bisa dikerjasamakan,” ujar Iis sapaan akrabnya.

BACA JUGA :   Hak Dicabut, Kopda Muslimin Dimakamkan di Kendal Tanpa Upacara Militer

Selain melakukan diskusi dengan para pelaku pariwisata, Rombongan dari Kendal ini juga akan mengunjungi objek wisata Goa Sunyaragi dan berwisata kuliner di Kota Cirebon.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan