Update Erupsi Gunung Merapi: 24 Guguran Awan Panas Terekam Hingga Pukul 16.00 WIB

ABOUTSEMARANG – Erupsi Gunung Merapi dari pukul 12.12 WIB hingga pukul 16.00 WIB tercatat sebanyak 24 kali awan panas guguran (APG).

Berdasarkan keterangan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), erupsi Gunung Merapi pada pukul 12.12 WIB, APG terekam di seismograf.

Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso menjelaskan APG terekam dengan amplitudo antara 25-70 mm dan durasi 128-458 detik dengan jarak luncur terjauh 4 km ke arah barat daya (Sungai Bebeng dan Krasak).

“Pada saat kejadian, angin bertiup ke arah barat laut-barat. Dilaporkan terjadi hujan abu di sektor barat laut-utara dengan intensitas bervariasi. Hujan abu tipis dilaporkan mencapai Kota Magelang,” kata Agus dalam zoom meeting, Sabtu sore, 11 Maret 2023.

Sementara itu, hingga pukul 15.00 WIB, tercatat telah terjadi 21 APG. Guguran terus terjadi hingga berdasarkan laporan pada pukul 16.00 WIB, tercatat ada sebanyak 24 APG.

“Hingga pukul 16.00 WIB, tercatat 24 kejadian awan panas guguran di Gunung Merapi. Saat ini aktivitas vulkanik masih fluktuatif, beberapa kali terjadi guguran yang terdengar dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan,” tegasnya.***

Sharing:

BACA JUGA :   Wara-wara! Jalur Pendakian Gunung Andong di Magelang Tutup Selama Bulan Ramadan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan