Vaksin Booster Kedua jadi Syarat Mudik Lebaran 2023? Ini Penjelasan Kemenkes

ABOUTSEMARANG – Belum lama ini pemerintah kembali melakukan vaksinasi Covid-19 booster kedua atau dosis keempat. Lalu, apakah vaksin booster kedua jadi syarat mudik lebaran 2023?

Sebagai informasi, untuk meningkatkan kekebalan terhadap virus Covid-19, masyarakat umum diatas 18 tahun sudah bisa mendapatkan vaksin booster kedua atau vaksin dosis keempat mulai 24 Januari 2023 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum memutuskan vaksin booster kedua Covid-19 menjadi syarat perjalanan dan mudik Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Belum, saat ini,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Senin (6/2).

Sementara itu, Juru Bicara Kemenkes M. Syahril menyampaikan bahwa syarat perjalanan masih merujuk pada aturan sebelumnya.

“Jadi masih yang lama, sedangkan untuk booster kedua ini belum mendapatkan suatu rekomendasi dalam menjadi persyaratan perjalanan,” ujarnya.

Artinya, aturan perjalanan jarak jauh masih sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam aturan itu, perjalanan jarak jauh harus dilakukan dengan syarat sudah melakukan vaksinasi booster pertama Covid-19.

“Jadi booster untuk satu tetap masuk seperti yang lama, belum dicabut, dalam arti kata masih berlaku Surat Edaran Satgas Covid-19,” katanya.

Sementara itu, bagi anak usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua. Sedangkan anak di bawah usia 6 tahun dikecualikan dari syarat vaksinasi dengan catatan harus didampingi oleh pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19.

BACA JUGA :   15 Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol Pemicu Gagal Ginjal, Benarkah?

Lalu, pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid sehingga tidak bisa menerima vaksinasi Covid-19 wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan