Waduh! Burung Poksay Kuda Mulai Hilang dari Habitatnya?

Pemalang,Jawa Tengah,– Burung Poksai Kuda sudah lama tidak terlihat oleh warga dan mulai hilang dari alam sekitar lereng gunung Slamet, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

” Sudah tidak ada di sini, padahal tiga empat tahun lalu masih banyak, bahkan saya sering dengar kicaunya,” jelas Rudianto warga Desa Clekatakan, Sabtu (13/2/2021).

Rudianto mengatakan tahun lalu, burung dengan bulu berwarna coklat keemasan itu seringkali ia jumpai saat mencari kayu bakar di hutan. Namun, sekarang sudah tidak pernah terlihat dan hilang entah kemana.

Burung Poksay Kuda merupakan burung poksay bagian keluarga Timaliidae dari Genus Burung Garullax. Populasinya terbilang cukup langka atau terbatas.

Habitatnya memang tersebar di pulau Jawa yang hidup di kawasan lereng pegunungan dengan ketinggian sekitar 1000-2400 meter diatas permukaan air laut. Burung jenis ini hidup dengan memakan serangga dan buah-buahan kecil.

Menurut Budi Ambong, Pengendali Ekosistem Hutan Muda dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng, burung Poksay Kuda memang mulai menghilang dari habitatnya di gunung Slamet dan termasuk jenis hewan yang dilindungi.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan