Wajah Kamu Berminyak? Mitos Atau Fakta, Ini 6 Penyebabnya!

ABOUTSEMARANG,- Kalian pasti pernah merasa bermasalah dengan kulit yang berminyak terutama pada wajah. Kulit berminyak biasanya membuat kalian kurang percaya diri apalagi ketemu pasangan kalian.

Nah tahukah kalian, ternyata 6 hal sepele yang kerap kita lakukan ini justru bikin kulit wajah kita makin berminyak lho? Mari kita cek fakta atau mitos ya?

Masalah kulit memang wajar dialami setiap orang, apalagi setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Masalah kulit wajah pun juga tentunya berbeda.

Salah satunya kalian yang punya jenis kulit wajah berminyak, penyebab kulit wajah kalian berminyak ternyata berawal dari hal sepele yang kerap kita lakukan. Berikut Info Semarang Raya rangkum dari berbagai sumber.

1. Kurang minum air putih

Siapa nih yang jarang minum air putih? Kebanyakan dari kalian pasti lebih gemar minuman manis ketimbang air putih kan? Duh, jangan sering-sering ya. Karena ternyata kebiasaan yang terdengar ‘sepele’ ini ternyata nggak baik bagi tubuh.

Selain terlalu banyak konsumsi minuman manis bisa jadi ‘bibit’ diabetes, kurang minum air putih juga akan mempengaruhi kinerja ginjal lho. Selain itu, saat tubuh kurang terhidrasi tubuh mulai menghidrasi dirinya sendiri dengan menjangkau kelenjar sebaceous yang terletak di bawah permukaan kulit.

Hal ini mengakibatkan produksi sebum lebih banyak daripada biasanya. Produksi sebum yang berlebih akhirnya membuat kulit lebih berminyak dari biasanya.

2. Terlalu sering mencuci wajah

Semakin sering cuci muka, bikin wajah semakin ‘kinclong’, benar nggak ya? Ternyata itu salah! Buat kalian yang memiliki tipe kulit berminyak, biasanya menggunakan face wash untuk membersihkan area wajah.

Namun penggunaan face wash untuk mencuci wajah bisa berdampak kurang baik jika dilakukan terlalu sering. Jika terlalu sering mencuci muka dengan face wash, kulit malah lebih mudah mengeluarkan minyak. Pakailah face wash maksimal dua kali sehari. Jika wajah masih terasa berminyak, cukup cuci muka dengan air bersih saja ya Bela.

3. Hobi makan gorengan

Terlalu banyak makan gorengan bikin kulit makin berminyak? Mitos atau fakta ya? Ternyata ini hanya mitos lho. Lemak dalam makanan yang dikonsumsi tidak ada hubungannya dengan minyak yang diproduksi di kulit.

Dikutip dari situs Halodoc, kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Beberapa orang secara alami juga memiliki kulit yang lebih berminyak dibanding yang lain. Namun nggak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi makan berminyak. Bukan karena agar kulit bebas minyak, tapi terlalu banyak konsumsi makanan berminyak kurang baik bagi tubuh.

BACA JUGA : Ssttt… Dokter Boyke Bagikan Tips Pria Bisa Bikin Wanita 13 Kali Keluar

4. Mudah stres

Tugas numpuk, kerjaan numpuk, tapi gak bisa liburan, akibatnya jadi mudah stres. Ternyata ini bisa jadi salah satu faktor yang bikin kulit kalian jadi semakin berminyak lho. Faktanya, mudah stres memang membuat kulit menjadi lebih berminyak.

Dikutip dari laman Alodokter, stres dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon kortisol yang bisa memicu produksi minyak pada kulit. Selain produksi minyak yang berlebih, sering kali orang lupa merawat kulit saat sedang mengalami stres. Alhasil, nggak hanya jadi lebih berminyak, wajah jadi berjerawat juga.

Selain bikin wajah jadi makin berminyak, stres juga bisa memunculkan masalah kulit lainnya seperti biduran, eksim dan psoriasis. Jadi, kontrol diri agar tidak mudah stres ya?

5. Terlalu sering mencoba menggunakan skincare baru

Kalian suka bergonta-ganti skincare? Atau hobi ‘bereksperimen’ dengan skincare baru? Hati-hati, kebiasaan tersebut bisa berdampak kurang baik pada wajahmu lho.

Terlalu sering berganti skincare ternyata bisa merusak skin barrier kamu yang berpotensi menimbulkan masalah seperti kulit berminyak. Selain itu, memilih skincare untuk wajah berminyak itu harus hati-hati. Salah kandungan skincare, bisa bikin kulit jadi semakin berminyak.

6. Skip menggunakan pelembap

Sering skip menggunakan pelembap? Ternyata skip menggunakan pelembap bisa bikin kulit jadi berminyak adalah fakta!

Tidak memakai pelembap bukanlah solusi yang tepat jika kulit kamu cenderung berminyak. Kamu masih dapat memakainya dengan mengaplikasikan pelembap khusus kulit berminyak. Jika setelah memakainya, wajah kamu malah lebih berminyak, barangkali kamu memilih produk yang salah atau terlalu banyak mengoleskannya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan