Wajib Coba! 15 Kuliner Legendaris di Semarang, Cocok Untuk Wisata Kuliner

ABOUTSEMARANG – Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi hidangan kuliner yang menarik dan beragam untuk dicoba. Khususnya kuliner legendarisnya yang terkenal.

Tidak hanya lumpia, Semarang juga menyajikan berbagai kuliner lezat dan menarik untuk dicicipi mulai dari yang manis hingga gurih, mulai dari camilan hingga makanan berat pun wajib kalian coba ketika berkeliling Kota Semarang.

Berikut daftar 15 kuliner legendaris di Semarang.

1. Toko Oen

Toko Oen Semarang buka sejak 1936. Restoran yang ada di Jalan Pemuda Nomor 52 ini menyajikan menu-menu campuran Eropa, Jawa, dan Tionghoa.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai hidangan seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, dan aneka es krim.

Sambil makan kamu pun akan disuguhkan interior ala kolonial Belanda yang bikin nostalgia. Harga hidangan di restoran ini bervariasi, mulai Rp 15.000 – Rp 300.000.

Jam operasionalnya setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB.

2. Sate dan Gule Kambing 29

Sate dan Gule Kambing 29 berlokasi di Jalan Letjen Suprapto Nomor 29, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Tepatnya di seberang Gereja Blenduk Kota Lama.

Tempat makan ini sudah ada sejak 1945. Menu yang dijual yaitu olahan daging daging seperti gulai dan sate buntel.

Cita rasanya sate dan gulainya yang khas membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat ini. Harga satu porsi makanannya sekitar Rp 30.000.

Jam buka Sate dan Gule Kambing 29 buka setiap Senin-Sabtu pukul 08.00-21.00 WIB.

3. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok merupakan salah satu kuliner legendaris di Semarang yang terkenal. Tempat makan ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang jalan-jalan ke Semarang.

Lokasinya ada di Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Lumpia Gang Lombok menyajikan lumpia khas Semarang yang berisi rebung. Penyajiannya biasanya ditambahkan dengan acar timun dan saus cocolan.

Saat memesan kamu bisa memilih lumpia basah atau lumpia kering yang lebih garing. Harga satu lumpia semarang ini Rp 15.000.

Jam operasional Lumpia Gang Lombok setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

BACA JUGA :   Yuk Nobar Final Piala Dunia di Kota Semarang! Ini 9 Rekomendasi Tempatnya

4. Nasi Pindang & Soto Sapi Gajah Mada

Nasi Pindang dan Soto Sapi Gajah Mada sudah beroperasi sejak 1989. Sajian nasi pindang dan soto di tempat ini menggunakan daging sapi yang juicy dan berlemak.

Jika kamu belum tahu, nasi pindang adalah kuliner khas Kudus yang berisi nasi, daging, lalu dihidangkan dengan kuah keruh yang gurih dan berempah.

Mulanya, nasi ini dibuat memakai daging kerbau tapi seiring berjalannya waktu daging tersebut diganti dengan sapi.

Lokasi Nasi Pindang dan Soto Sapi Gajah Mada ada di Jalan MH Thamrin Nomor 40, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Jam bukanya pukul 06.00-22.00 WIB.

5. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar berada di sekitar Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Tempat makan ini sudah buka sejak 1969.

Sajian yang dihidangkan yaitu gulai kambing yang dimasak dengan tungku kayu bakar. Untuk bumbunya memakai aneka rempah perpaduan Jawa dan Arab yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Satu porsi gulai kambing tersebut dapat kamu nikmati dengan harga Rp 25.000. Jam buka warung ini setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

6. Tahu Pong Gajah Mada

Tahu Pong Gajah Mada cukup terkenal di kalangan wisatawan dan warga lokal. Warung makan yang berlokasi di Jalan Gajahmada Nomor 63B menyajikan tahu gurih dengan tambahan tahu gimbal dan telur.

Sajian tersebut biasanya dinikmati dengan saus cocolan yang khas. Satu porsi hidangan di Tahu Pong Gajah Mada dapat dibeli dengan harga Rp 15.000 – Rp 35.000.

Jam buka Tahu Pong Gajah Mada setiap Senin-Sabtu pukul 11.30-20.00 WIB. Jika tak ingin antre kamu bisa datang pada hari kerja.

7. Nasi Koyor Kota Lama

Nasi koyor adalah sajian berisi nasi putih, koyor atau urat sapi, oseng kacang panjang, dan sambal.

Di Semarang satu tempat makan nasi koyor yang terkenal, yaitu Nasi Koyor Kota Lama. Tempat ini sudah ada sejak 1955.

Walau cukup legendaris tapi rasa nasi koyor di tempat ini tak pernah berubah. Selain itu harganya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 25.000.

Jika ingin mencicipinya kamu bisa datang ke Jalan Gelatik Nomor 7, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Jam buka warungnya pukul 08.30-15.00 WIB.

BACA JUGA :   Meriah! Pasca Vakum 2 Tahun, Semarang 10K Kembali Digelar Diikuti 2.100 Peserta

8. Leker Paimo

Leker paimo./ Instagram/ @hobbykulinerr

Jalan-jalan ke Semarang tak lengkap jika belum datang ke Leker Paimo. Lokasinya ada di Jalan Karang Anyar Nomor 37, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Walau hanya street food kaki lima tapi tempat ini tak pernah sepi pembeli. Pembelinya pun tidak hanya warga lokal tapi juga wisatawan.

Di sini kamu bisa menikmati leker dengan aneka topping gurih maupun manis. Harga lekernya tergantung dari topping yang dipilih.

9. Gudeg Koyor Mbak Tum

Gudeg di tempat ini berbeda dengan gudeg Yogyakarta. Jika biasanya gudeg bercita rasa manis, di Gudeg Koyor Mbak Tum justru cenderung gurih.

Keunikan lainnya, gudeg di tempat ini juga ada tambahan koyor yang berlemak dan gurih.

Selain gudeg, warung makan ini juga memiliki menu lainnya seperti lontong opor dan babat goreng. Kisaran harga hidangannya Rp 20.000 – Rp 35.000.

Alamat Gudeg Koyor Mbak Tum ada di sekitar Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Jam buka warungnya pukul 12.00-20.00 WIB.

10. Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Kalau kamu pecinta nasi goreng silakan mampir ke warung Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok.

Lokasinya ada di Jalan Pemuda Nomor 2, Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Warung nasi goreng ini sudah ada sejak 1971. Menu yang disajikan yaitu nasi goreng babat gongso yang empuk dan gurih. Harga satu porsi nasi goreng tersebut Rp 10.000 – Rp 25.000.

Jam buka Nasi Goreng Pak Karmin buka setiap hari pukul 08.00-22.30 WIB. Kalau pengin mampir sebaiknya jangan terlalu lama agar tidak kehabisan.

11. Kepala Manyung Bu Fat

Kepala Manyung Bu Fat termasuk dalam kuliner legendaris di Semarang yang wajib dikunjungi. Warung makan ini sudah ada sejak 1969.

Di sini kamu bisa menikmati kepala manyung berukuran besar yang dihidangkan dengan kuah panas dan potongan cabai.

Jika belum tahu manyung sendiri adalah ikan laut yang dagingnya biasa digunakan untuk membuat ikan asin jambal roti.

Satu porsi kepala manyung di tempat ini bisa dinikmati dengan harga Rp 30.000 – Rp 250.000. Harga tersebut berbeda tergantung ukuran manyung yang digunakan.

BACA JUGA :   Calon Pemain Asing Baru PSIS Telah Tiba di Semarang Untuk Jalani Rangkaian Tes

Lokasi Kepala Manyung Bu Fat ada di Jalan Ariloka, Krobokan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Jam bukanya pukul 08.00-20.00 WIB.

12. Nasi Ayam Bu Wido

Nasi Ayam khas Semarang./ Ist

Nasi Ayam Bu Wido cocok untuk kuliner malam hari karena buka pukul 16.30-23.00 WIB.

Warung ini menyajikan nasi gurih dengan sambal goreng dan kuah areh. Untuk lauk, tersedia ayam dengan aneka potongan.

Lokasi Nasi Ayam Bu Wido ada di sekitar Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

13. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mi koyok adalah mie kuning yang disajikan dengan potongan tahu dan taoge serta disiram dengan kuah gurih segar. Ada satu penjual mie kopyok yang terkenal di Semarang yaitu Mie Kopyok Pak Dhuwur.

Lokasi Mie Kopyok Pak Dhuwur ada di Jalan Tanjung Nomor 18A, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Satu porsi mie kopyok di tempat ini bisa dinikmati dengan harga Rp 13.000. Jam buka Mie Kopyok Pak Dhuwur pukul 08.00-16.00 WIB.

14. Tahu Gimbal Pak H.EDY

Tahu gimbal Pak H. Edy./ Ist

Tahu gimbal adalah sajian khas Semarang yang berisi lontong, kol, telur goreng, dan gimbal atau gorengan dari udang tepung. Makanan ini disajikan dengan siraman kuah kacang yang khas.

Ada satu penjual tahu gimbal yang sudah terkenal sejak lama. Namanya adalah Tahu Gimbal Pak H. Edy.

Untuk dapat menikmati tahu gimbal di warung ini kamu cukup membayar sekitar Rp 15.000.

Warung tahu gimbal ini berlokasi di Jalan Pandanaran belakang STM 7 Nomor 2, Mugassari, Kecamaran Semarang Selatan, Kota Semarang.

Jam buka Tahu Gimbal Pak H. Edy pukul 11.00-21.00. Namun pada Jumat jam bukanya pukul 13.00-21.00 WIB.

15. Tahu Petis Mataram

Tahu Petis Mataram terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan sebelum buka biasanya tempat ini sudah ramai pembeli.

Di Tahu Petis Mataram kamu bisa menikmati tahu goreng yang disajikan dengan sambal petis gurih.

Selain tahu petis, kamu pun dapat menikmati wedang ronde dan wedang kacang untuk menghangatkan badan. Harga tahu petis di sini Rp 4.000, sedangkan wedangnya sekitar Rp 11.000.

Lokasi Tahu Petis Mataram ada di Jalan MT. Haryono Nomor 724, Jagalan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Jam bukanya pukul 16.30-20.00 WIB. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan